Korea Selatan Perluas Zona Udara Mereka

Minggu lalu, Korea Selatan secara sepihak perluas zona udara mereka yang baru. Hal tersebut dilakukan untuk menandingi China yang sudah melakukan penetapan zona udara mereka terlebih dahulu. Namun, pemerintah China tidak terlalu ambil pusing atas upaya yang dilakukan oleh Korea Selatan tersebut.

Seperti yang dilansir dari harian The New York Times, Pemerintah Park Geun-hye telah memperluas batas zona pertahanan udara milik mereka lebih dari 300 km ke arah selatan. Keputusan Korsel ini dikeluarkan dua minggu pasca pemerintah China melakukan hal serupa. Dimana mereka juga memperluas zona udara termasuk dikawasan Laut China Timur yang menjadi sengketa selama ini dengan pihak Jepang dan Korea Selatan.

Klaim zona udara ini semakin membuat tumpang tindih batas wilayah antara ketiga negara tersebut.  Rencananya, batas yang telah diklaim oleh Korea Selatan ini mulai diberlakukan pekan depan.

Korea Selatan Perluas Zona Udara Mereka

Klaim batas zona pertahanan udara China (Doc. Ministry of National Defense The People Republic of China)

Sementara itu, pemerintah China tidak terlalu  memusingkan klaim batas wilayah udara yang telah ditetapkan oleh Korea Selatan. Mereka tidak merasa terancam karena Korea Selatan hanya memperluas zona udara untuk kepentingan sipil, seperti yang dilansir dari CNN pada 10 Desember 2013. Namun, melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, tetap menyesalkan langkah yang diambil oleh pemerintah Korea Selatan tersebut.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Langkah Korea Selatan perluas zona udara mereka adalah kali pertama dalam kurun waktu 62 tahun terakhir. Hal tersebut diambil berdasarkan informasi penerbangan regional serta kesepakatan yang sudah ada dengan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Korea Selatan Perluas Zona Udara Mereka,

Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: