Jasad Mandela Disemayamkan Di Gedung Union, Pretoria

Rabu pagi, 11 Desember 2013, Jasad Nelson Mandela dibaringkan dan disemayamkan di Gedung Union, Pretoria, setelah sebelumnya di doakan oleh rakyatnya.  Jasad mantan pejuang apartheid Afrika Selatan tersebut rencananya akan disemayamkan di sana hingga hari Jumat mendatang seperti yang dilansir dari kantor berita CNN.

Saat rombongan kendaraan yang membawa jasad Mandela dari rumah sakit menuju ke gedung Union, rakyat Afrika Selatan dengan perasaan duka menyaksikan di sepanjang jalan. Perhatian tertuju pada sekelompok pengawal dan 8 tentara militer yang mengawal dengan mengendarai motor di depan mobil jenazah Mandela. Nampak, peti mati mantan Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan  ditutupi bendera nasional negaranya.

“Ini merupakan momen yang sangat pedih. Situasi seperti saat Mandela tidak lagi berkuasa. Situasi ini terjadi saat ia telah tiada. Sungguh, Mandela telah menginspirasi banyak orang” kata Khehla Shubane, yang pernah ditahan bersama Mandela.

Jasad Mandela Disemayamkan Di Gedung Union, Pretoria

Jasad Nelson Mandela di Union Buildings, Pretoria, Afrika Selatan. (Foto: REUTERS – Marco Longari).

Saat tiba Gedung Union, peti mati Mandela langsung dibawa ke dalam ruangan. Terlihat salah satu cucu Mandela, Mandla Mandela beserta Menteri Pertahanan Nosiviwe Mapisa-Nqakula berada tepat dibelakang peti matinya. Mereka terlihat memimpin pelayat yang rata-rata mengenakan pakaian serba hitam.

Hari pertama di gedung Union, keluarga dan pemimpin negara-negara dunia dipersilahkan untuk memberi penghormatan terakhir kepada jasad Mandela. Sementara rakyat hanya diperbolehkan untuk melihat peti jenazah Mandela di siang hari pada hari Kamis dan hari Jumat.

Gedung Union sendiri merupakan gedung yang sangat bersejarah bagi Mandela. Disinilah Mandela mengucapkan sumpahnya sebagai Presiden kulit hitam pertama pada tahun 1994. Saat itu, publik berkumpul di sekitar gedung untuk menyaksikan lembaran sejarah baru. Seorang tahanan napi politik akhirnya menjadi pemimpin Afrika yang penuh kharisma.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Kini, publik kembali berkumpul di tempat yang sama setelah 19 tahun berlalu. Namun, bukan untuk menyaksikan Mandela mengucapkan sumpah kembali, melainkan untuk menyampaikan salam terakhir, salam perpisahan kepada pria yang dikenal dengan sebutan Madiba itu. Selamat jalan Mandela.

Jasad Mandela Disemayamkan Di Gedung Union, Pretoria,

Rating : 3 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: