6 Penyebab Bau Nafas Tak Sedap

Penyebab bau mulut dan nafas tak sedap bukan saja diakibatkan dari makanan yang dikonsumsi. Memang tak dipungkiri jika makanan berbau menyengat seperti bawang-bawangan, pete, serta makanan laut seperti udang dan cumi, bisa menyebabkan bau mulut dan nafas menjadi tak sedap. Namun, jika Anda tidak pernah atau tidak menyukai jenis-jenis makanan tersebut tapi mulut masih mengalami halitosis (nafas tak sedap), mungkin 6 faktor dibawah ini yang menjadi penyebabnya. Apa saja itu?, berikut adalah 6 penyebab bau nafas tak sedap.

1. Kelebihan berat badan atau Obesitas.
Dari penelitian yang dilakukan, mereka yang memiliki berat badan berlebih, biasanya memiliki aroma napas yang kurang sedap. Mengapa?. Hal ini disebabkan karena banyaknya organisme dalam usus besar. Organisme inilah biasanya akan mengeluarkan gas-gas tertentu yang menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

2. Kebiasaan bernapas melalui mulut.
Tanpa disadari, saat tidur terkadang kita bernafas melalui mulut. Nah, bernafas melalui mulut ini ternyata dapat menyebabkan bau nafas tak sedap ketika bangun. Mengapa?. Dengan bernafas melalui mulut, membuat air liur kita mengering. Sementara fungsi air liur salah satunya adalah mencegah bau mulut.

3. Infeksi saluran pernapasan.
Penyebab nafas tak sedap lainnya adalah karena infeski saluran pernafasan seperti flu, asma, maupun bronchitis. Infeksi ini biasanya akan menghasilkan sekresi cairan hidung yang mengalir ke tenggorokan dan mulut. Untuk mengatasinya, penderita infeksi saluran pernafasan dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air putih.

 

Penyebab Bau Nafas Tak Sedap

Ilustrasi gambar penyebab bau nafas tak sedap. Google image.

4. Kurang konsumsi karbohidrat.
Kurangnya mengkonsumsi karbohidrat diketahui juga menjadi faktor penyebab bau nafas tak sedap. Tidak adanya zat karbohidrat didalam tubuh, membuat tubuh akan mengolah protein dan lemak menjadi energi. Proses ini di sebut ketosis. Namun, proses ketosis akan menimbulkan efek samping yaitu bau napas tak sedap.

5. Sakit ginjal.
Waspada bagi anda yang mengalami bau nafas tak sedap tak kunjung-kunjung hilang. Bisa jadi itu tanda-tanda anda mengalami kelainan pada ginjal. Menurut penelitian medis, bau nafas tak sedap juga merupakan tanda-tanda ginjal sedang bermasalah.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

6. Konsumsi obat-obatan.
Kebanyakan obat-obatan kimia seperti pil dan tablet memiliki efek mengeringkan air liur. Dengan demikian, jika mulut kering, bau nafaspun menjadi tak sedap. Untuk itu, saat mengkonsumsi obat-obatan, jangan lupa  memperbanyak minum air putih untuk mencegah bau nafas tak sedap.

6 Penyebab Bau Nafas Tak Sedap,

Rating : 5 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: