Akibat Banyak Tidur Bisa Menyebabkan Diabetes Dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Bagi Anda yang terbiasa dengan pola hidup dengan waktu tidur yang lebih dari 8 jam perhari, perlu waspada. Ubah kebiasaan tersebut sekarang juga. Pasalnya, kebiasaan banyak tidur bisa menyebabkan penyakit diabetes dan gangguan kesehatan lainnya.

Tidak dipungkiri jika tidur adalah hiburan terbaik di dunia. Meletakkan kepala di atas bantal lalu terlelap dan bermimpi indah adalah keinginan setiap orang. Dengan tidur, rasa penat dan lelahpun sirna. Keesokan harinya tubuhpun menjadi lebih fresh dan pikiran menjadi tenang.

Meski demikian, tidur yang sehat adalah tidur yang dapat di kontrol. Waktunya tidak kurang dan tidak lebih. Menurut penelitian, tidur yang baik itu tidak kurang atau tidak lebih dari 8 jam per hari. Jika kurang, kondisi badan terasa lemas dan kantung mata biasanya akan timbul.

Tidur lebih dari 8 jam per hari juga tidak baik. Berbagai gangguan kesehatanpun dapat timbul. Dikutip dari laman Boldsky, berikut 5 diantaranya akibat yang ditimbulkan jika kita terlalu banyak tidur:

1. Suasana hati tidak menentu.
Bukan kurang tidur saja, kebanyakan waktu tidur ternyata dapat juga menyebabkan suasana hati tidak menentu. Perasaan mudah marah, mudah tersinggung dan semua hal dirasa salah timbul dengan sendirinya. Suasana hati yang buruk ini dapat merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

2. Hilang konsentrasi.
Waktu tidur yang lama dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi. Saat tidur, sel-sel otak akan berjalan sangat lambat. Proses ini masih terasa ketika seseorang bangun dalam keadaaan tidur yang lama. Untuk menghilangkannya, bisa dengan minum secangkir kopi hangat.

Akibat Banyak Tidur Bisa Menyebabkan Diabetes Dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Ilustrasi seseorang sedang tidur. (gambar: istock).

3. Sakit Kepala.
Sama halnya dengan kurang tidur, kelebihan waktu tidur akan menyisakan efek sakit kepala langsung ketika terbangun. Nah, jika itu terjadi, segera isi perut Anda dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Jika masih belum hilang, konsumsi obat pereda sakit kepala yang di anjurkan oleh dokter.

4. Obesitas (kegemukan).
Kebanyakan waktu tidur dapat juga menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan (Obesitas). Apalagi dalam waktu yang lama (sering).  Saat tidur, lemak akan terakumulasi dalam tubuh. Karena tubuh tidak melakukan aktivitas, lemak ini dengan sendirinya akan terbakar dan mengumpul dalam tubuh. Jika itu terjadi, obesitas pun menjadi ancaman yang serius. Berolahraga secara rutin menjadi keharusan untuk menguranginya.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

5. Diabetes (kencing Manis).
Selain menyebakan obesitas, ternyata kebanyakan waktu tidur dapat juga menyebakan diabetes. Selain karbohidrat yang tidak dikelola dengan baik oleh tubuh, kebiasaan tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Jika anda beresiko terkena diabetes atau berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes, hindari dari sekarang pola hidup dengan waktu tidur lebih dari 8 jam perhari.

Akibat Banyak Tidur Bisa Menyebabkan Diabetes Dan Gangguan Kesehatan Lainnya,

Rating : 5 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: