Google Chrome Software Removal Tool, Software Untuk Menghapus Malware Pada Chrome

Google baru saja merilis sebuah tool untuk browser mereka, Google Chrome. Saat ini versi beta-nya sudah dapat di download dan digunakan. Tool yang dinamakan dengan Software Removal Tool ini terintegrasi langsung dengan Chrome. Fungsinya adalah sebagai aplikasi tambahan (add-ons) untuk melakukan pemindaian sekaligus menghapus program-program jahat yang dicurigai seperti halnya malware.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi tambahan yang biasanya menginstall dirinya sendiri tanpa persetujuan dari pengguna. Kebanyakan aplikasi ini merupakan software toolbar dan mesin pencari yang tidak dikenal. Bahkan, banyak ditemukan kasus jika software maupun aplikasi yang terintegrasi dengan browser seperti Chrome ini mengandung virus dan malware.

Disinilah tugas Software Removal Tool. Jika toolbar atau mesin pencari yang terintegrasi dengan Chrome dianggap membahayakan bagi Chrome itu sendiri, tool ini akan menyarankan untuk melakukan pembersihan setelah dilakukan proses pemindaian.

Bagaimana cara menggunakannya?. Melalui browser Google Chrome, kunjungi laman download Software Removal Tool di alamat https://www.google.com/chrome/srt/.

Download Google Chrome Software removal tool

Halaman Download Google Chrome Software Removal Tool.

Download dengan mengklik tombol “Download now”. Kemudian akan muncul persyaratan penggunaan software ini. Klik saja “Accept and Download”. Proses download file installer akan dimulai. Ketika selesai, lanjutkan proses pemasangan dan pemindaian dengan mengklik tombol “Run”.

Google Chrome Software Removal Tool akan melakukan pemindaian. Jika proses pemindaian selesai dan tidak ditemukan program berbahaya, akan muncuk jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah.

Proses Pemindaian Google Chrome Software Removal Tool

Proses Pemindaian Google Chrome Software Removal Tool.

Namun jika Software Removal Tool menemukan adanya program jahat yang terintegrasi dengan Chrome, akan muncul jendela pemberitahuan untuk menghapusnya. Klik saja “Remove suspicious program”.

Software Removal Tool ini bukanlah sebuah antivirus utama dengan kemampuan menjaga penuh PC atau notebook Anda dirumah. Ini hanyalah sebuah tool kecil yang diperlukan jika dirasa Google Chrome mulai bertingkah aneh, lambat dan sering muncul notifikasi atau pop up yang sangat mengganggu ketika digunakan berselancar di internet.

Untuk itu, masih diperlukan antivirus utama seperti Avast, Avira, Kaspersky, Bitdefender, Norton, dsb untuk menjaga PC dari virus-virus berbahaya lainnya. Jangan lupa untuk selalu melakukan update databases antivirus serta memperbaharui Google Chrome Software Removal Tool ke versi yang terbaru untuk menjaga PC, komputer atau notebook dari serangan virus, malware maupun program jahat lainnya.

Google Chrome Software Removal Tool, Software Untuk Menghapus Malware Pada Chrome,

Rating : 5 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: