Google Tambahkan Fitur Security Key Melalui USB Universal 2nd Factor (U2F)

Untuk mengantisipasi aksi pencurian data dan akun penggunanya, Google telah menambahkan sistem verifikasi 2 langkah melalui fitur Security Key USB Universal 2nd Factor (U2F). Bagaimana fitur keamanan ini bekerja?. Dilansir dari laman Google Online Security Blog (21-10-2014), metode verifikasi 2 langkah yang diterapkan Google untuk mengakses akun Google dan layanan seperti Gmail sebenarnya sudah cukup mumpuni dengan kode verifikasi yang di kirimkan via ponsel. Namun, untuk memberikan rasa aman yang lebih, metode baru dengan verifikasi melalui USB U2F ini mulai di terapkan.

Pemilik akun Google dapat memilih dan mengaktifkan fitur ini jika di rasa sangat perlu untuk melindungi data-data sensitif mereka. Dengan fitur Kunci Keamanan (Security Key), sangat kecil kemungkinan seorang hacker dapat mencuri data ataupun mengambil alih akun Google yang dimiliki, meskipun hacker tersebut telah mendapatkan password utama akun Google yang dimiliki.

Untuk mengaktifkan fitur Security Key ini, pengguna Google dapat melakukan penyetelan pada akunnya sama halnya saat mengaktifkan fitur kode verifikasi 2 langkah via ponsel. Google telah memberikan tips dan tutorial secara lengkap. Anda dapat membaca penjelasan bagaimana cara menambahkan Security Key ini untuk proses verifikasi 2 langkah di tautan ini.

Setelah fitur Kunci Keamanan ini di aktifkan, untuk selanjutnya pengguna yang akan login atau mengakses akun Google pasti diminta untuk memasukkan Security Key, dalam hal ini adalah USB U2F. Saat ini, fitur Security Key baru dapat bekerja pada browser Google Chrome versi 38 atau versi yang lebih baru. Namun, tidak menutup kemungkinan akan bekerja pada browser selain Chrome pada masa yang akan datang, seperti yang dijelaskan oleh Nishit Shah, selaku Product Manager, Google Security.

Fitur USB Security Key Untuk Verifikasi 2 Langkah Pada Google

Fitur USB Security Key Untuk Verifikasi 2 Langkah Pada Google. Gambar: Google.

Security Key berupa USB ini dapat digunakan jika menyertakan logo “fido U2F Ready”. Untuk memiliki USB yang mendukung FIDO Universal 2nd Factor (U2F), Anda dapat membelinya melalui salah satu toko online seperti yang dijelaskan pada laman cara menggunakan verifikasi 2 langkah melalui metode Security Key disini.

Google Tambahkan Fitur Security Key Melalui USB Universal 2nd Factor (U2F),

Rating : 4.75 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: