Mengenal Fungsi Ginjal Lebih Dekat

Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen atau terletak dibawah tulang rusuk. Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Di bagian atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal (juga disebut kelenjar suprarenal). Bentuk Ginjal menyerupai sepasang kacang di kedua sisi tubuh.

Pada orang dewasa, setiap ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Laju glomerular inilah yang sering dipakai untuk melakukan tes terhdap fungsi ginjal.

Bentuk ginjal yang menyerupai sepasang kacang ini berada dibawah tulang rusuk kanan dan kiri yang memiliki fungsi utama untuk memfilter limbah dari darah menjadi urin. Selain fungsi tersebut ginjal memiliki beberapa fungsi lainnya, diantaranya:

  1. Membantu menyesuai tekanan darah
  2. Mengatur komposisi air dalam darah
  3. Mengatur kebutuhan bahan kimia dalam tubuh
  4. Menjaga kesehatan tulang
  5. Membantu kerja otot dan jantung supaya bekerja dengan baik
  6. Memproduksi hormon glikoprotein untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

 

Ginjal dilihat dari belakang (tulang rusuk dihilangkan)

Ginjal dilihat dari belakang (tulang rusuk dihilangkan) (wikipedia)

Agar Terhindar dari Gangguan Ginjal Kronis perlu dilakukan Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

Mengenal Fungsi Ginjal Lebih Dekat,

Rating : 3.75 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: