Mengapa Klaim Asuransi TIDAK dibayar?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang sering sekali muncul, Mengapa Klaim Asuransi Saya TIDAK dibayar?….
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita saling menyalahkan, karena itu ga ada gunanya. Terus apa ni yang harus kita lakukan?

  1. Pastikan Polis Kita Aktif (lakukan pembayaran premi secara rutin yaa…), klo polis kita TIDAK AKTIF, sudah jelas sekali semua manfaat perlindungan Asuransi tidak dapat dibayarkan oleh perusahaan asuransi “X”.
  2. Pastikan Ada Manfaat Asuransinya, Misalnya: Ada seorang nasabah komplin karena biaya rumah sakitnya tidak dibayar oleh asuransi “X”, dan hebatnya nasabah ini sudah bercerita kemana-mana. Pada saat di konfirmasi, eehhh ternyata di Polisnya memang tidak ada manfaat Asuransi tambahan yang menjamin biaya rumah sakit akan diganti. jadi apa yang harus diganti/di bayar oleh perusahaan asuransi “X”.
  3. Masa Tunggu Manfaat Asuransinya sudah melebihi dari yang ditentukan. misalnya: untuk manfaat rumah sakit, masa tunggunya adalah 30 hari setelah polis aktif atau Pemulihan terakhir, mana yang terakhir. Jika ternyata kita sakit sebelum 30 hari (anggap di hari ke-20 setelah polis aktif/diaktifkan kembali) maka perusahaan asuransi “X” tidak dapat membayarkan pengajuan Klaim kita, karena syaratnya belum terpenuhi.
  4. Penyakit yang diklaimkan tidak termasuk dalam daftar Pengecualian Penyakit atau Penyakit yang sudah ada sebelum masuk menjadi nasabah Asuransi “X”.
  5. Beberapa Asuransi biasanya melakukan beberapa tindakan pengecualian sehingga klaim tidak dapat dibayarkan, misalnya saja 1) Pelanggaran Hukum 2) Tindakan Bunuh Diri 3) tindakan kejahatan atau percobaan tindakan kejahatan oleh pihak yang berkepentingan terhadap polis 4) Hukuman mati berdasarkan putusan peradilan 5) dan beberapa pengecualian yang biasanya di cantumkan dalam sebuah polis asuransi.
Ilustrasi - Klaim Asuransi di Tolak

Ilustrasi – Klaim Asuransi di Tolak

Untuk itu pentingnya bagi setiap nasabah yang memiliki polis asuransi dapat memahami isi dan ketentuan yang ada didalam polis sehingga tidak melakukan kesalahan, atau bisa juga untuk langsung mendiskusikan kepada tenaga pemasaran masing-masing, sehingga setiap nasabah memahami pentingnya memiliki asuransi. Penting sekali bagi nasabah untuk memahami  Asuransi itu apa, agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari. (JB/TAH)

Mari Berasuransi

Mengapa Klaim Asuransi TIDAK dibayar?,

Rating : 4 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: