BPS, Inflasi Juni 0,54%

JAKARTA. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bulan juni yang berketepatan pada bulan Ramadhan ini memiliki tingkat inflasi terendah kedua selama lima tahun kebelakang, dan ini akan diprediksi hingga lebaran tiba.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi bulan Juni 2015, sebesar 0,54 persen. Inflasi tahun kalender tercatat 0,96 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 7,26 persen.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Terkontrolnya kebutuhan pokok dipasaran yang memadai sesuai dengan permintaan pasar dan adanya operasi pasar yang sudah dilakukan oleh pemerintah, akhirnya menekan laju harga yang ada dipasar. “Dengan bulan lalu kita sudah lakukan operasi pasar, akhirnya kenaikan harga dikendalikan,” ujarnya, Senin (13/7).

Data Inflasi (bps.go.id)

Data Inflasi (bps.go.id)

Menurut Bambang, Adanya pelemahan daya beli masyarakat menjadi salah satu penyebab inflasi tahun ini lebih terkendali. Hingga akhir tahun pemerintah optimis inflasi bisa berada pada rentang 4%-4,5%.

Berdasarkan hasil pantauan Bank Indonesia (BI), inflasi hingga minggu pertama Juli terpantau 0,46%. Inflasi Juli 2014 di mana merupakan periode penuh puasa dan Lebaran mencatat inflasi 0,93%.

BPS, Inflasi Juni 0,54%,

Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: