Biaya Pendidikan Anak, Disiapkan Sekarang Atau Nanti?

Seringkali orang tua tidak memperhitungkan berapa jumlah dana yang bakal diterima dari asuransi untuk menanggung biaya pendidikan anaknya kelak.

Upayakan jumlah dana dari asuransi mencukupi biaya pendidikan anak Anda. Kalau pun jumlahnya kurang, usahakan tambahannya nanti tidak besar. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat asuransi yang hendak Anda ikuti.

Berikut cara penghitungan dana pendidikan untuk anak:

  1. Ketahui dulu berapa biaya pendidikan saat ini. Bila saat ini anak Anda masih balita, Anda perlu tahu berapa biaya pendidikan saat ini untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
  2. Hitung, berapa lama lagi anak Anda akan mencapai jenjang-jenjang pendidikan tersebut. Misal, anak Anda baru lahir. Jadi, Anda punya waktu sekitar 4 tahun menyiapkan biaya untuk TK; 6 tahun untuk SD; 12 tahun untuk SMP; 15 tahun untuk SMU; dan 18 tahun untuk PT.
  3. Perkirakan berapa biaya pendidikan anak Anda kelak. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan 12 persen/tahun.
Biaya Pendidikan Anak

Biaya Pendidikan Anak

Selanjutnya setelah kita semua mengetahui kebutuhan Dana Pendidikan Anak yang akan dibutuhkan dan ditabungkan, maka selanjutnya adalah bagaimana kita melaksanakannya. untuk itu perlunya satu pemahaman tambahan mengenai Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan (akan dibahas di sesi berikutnya).

Satu Pertanyaan tambahan yang akan membayangi pikiran kita, “Apa yang akan terjadi saat terjadi Risiko kehidupan (Sakit Kritis, Cacat Tetap dan Total, atau Meninggal Dunia) terhadap kita selaku orang Tua-nya? Bagaimana Pendidikan Anak?”.

Tentang kepastian dana pendidikan anak? Silahkan menghubungi Tenaga Pemasaran yang ada dilingkunga Anda untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum mengambil langkah, atau bisa juga anda email ke totok@jberita.com semoga bermanfaat.

Biaya Pendidikan Anak, Disiapkan Sekarang Atau Nanti?,

Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: