Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Jakarta

Jakarta – Setelah sebelumnya sempat diberitakan gempa melanda Alor, Nusa Tenggara Timur, kini guncangan gempa dirasakan di Ibu Kota Jakarta. Gempa dirasakan pada pukul 13.14 WIB pada hari Minggu (4/11/2015) serta tercatat berkekuatan 5,2 skala Richter. Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada 95 kilometer di bagian barat daya Kabupaten Pandeglang, Banten dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Namun, masyarakat dihimbau supaya tidak merasa khawatir karena gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga saat ini juga belum diketahui adanya dampak dari gempa tersebut di daratan. Guncangan gempa ini terasa sampai ke Bogor, Anyer, Labuan, Cilegon dan Pelabuhan Merak.

Gempa Hari Ini Di Jakarta

Ilustrasi Gempa. (wikipedia)

Gempa tersebut, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho termasuk ke dalam jenis gempa subduksi. Masih menurut Sutopo, gempa subduksi sama seperti gempa yang terjadi pada 12 Januari 2011 dan 30 Desember 2011 lalu. Gempa ini juga menjadi pertanda bahwa subduksi yang terdapat pada Selat Sunda masih aktif terutama secara tektonik. Selain itu, gempa serupa masih bisa terjadi lagi dan masyarakat harus tetap waspada walau tidak ada potensi tsunami.

Serentetan gempa yang terjadi di Indonesia beberapa hari terakhir, mulai dari gempa di Nusa Tenggara Timur, Garut dan Pandeglang terjadi di tengah aktifnya Gunung Barujari yang terletak di Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Anak Gunung Rinjani tersebut diberitakan meletus serta memuntahkan abu vulkanik. Letusan Gunung Barujari mencapai ketinggian 1500 meter dari puncaknya atau sekitar 3800 meter di atas permukaan laut.

Meletusnya gunung berapi dan terjadinya gempa memang seringkali berhubungan. Keduanya merupakan akibat dari adanya pergerakan lempeng. Akan tetapi, gunung meletus dan gempa tidak saling memberi pengaruh. Sudah menjadi hal umum bahwa di tempat terjadinya pertemuan lempeng akan terdapat pula sumber gempa serta beberapa titik gunung berapi. Dengan kata lain, peristiwa gempa bumi serta aktifnya gunung berapi adalah hal lumrah yang tak bisa dicegah oleh manusia.

Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Jakarta,

Rating : 2.50 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: