Insiden GP Malaysia Tak Goyahkan Status Valentino Rossi Sebagai Legenda

Insiden di Sepang International Circuit, Malaysia antara pembalap Yamaha Movistar Valentino Rossi dengan jagoan Repsol Honda Marc Marquez merupakan salah satu kejadian paling kontroversial yang pernah terjadi di dunia balap. Rossi saat itu memasuki jalur balap Marquez dan menyebabkan rider Spanyol itu terjatuh serta tidak bisa melanjutkan balapan. Buntutnya, Rossi dijatuhi hukuman tiga pinalti poin dari race director atas kesalahannya.

Insiden ini mengundang banyak perdebatan lantaran beberapa pihak menuding Marquez justru sengaja memprovokasi Rossi sejak lap-lap awal guna menghalanginya memperoleh gelar juara dunia kesepuluh di kelas para raja. Apalagi, kompetitor terkuat Rossi saat ini adalah Jorge Lorenzo yang tak lain adalah pembalap asal Spanyol pula, alias senegara dengan Marquez.

Legenda MotoGP Valentino Rossi.

Valentino Rossi. (Mirco Lazzari-Getty Images)

Tak sedikit pula yang melayangkan hujatan pada The Doctor atas aksinya di sirkuit Sepang. Perdebatan pun memanas antar kedua kubu fans, dan tak sedikit pula yang mempertanyakan reputasi Rossi sebagai legenda balap MotoGP. Dilansir dari Motorsport, Sabtu (7/11/2015), lima orang ahli dalam bidang balap dari lima negara berbeda menyatakan pendapat mereka terkait insiden ini, terutama apakah status Rossi akan goyah setelah kejadian GP Malaysia.

Ignacio Ruiz dari Spanyol menyatakan bahwa kejadian yang populer dengan sebutan Sepang Clash tersebut tak ubahnya bagai kejadian Materazzi dan Zidane pada final Piala Dunia. Keduanya sangat hebat dan apapun yang mereka lakukan akan tetap dikenang sebagai hal yang legendaris. Sementara Mattia Fontana dari Italia menganggap reputasi Rossi tidak akan pernah jatuh di Italia, kampung halamannya. Fontana berpendapat jika Rossi akan tetap menjadi idola di negaranya sendiri.

Alex Chick dari Inggris mengungkapkan bahwa penikmat balap justru akan menyukai hal-hal berbau kontroversi seperti ini. Satu aksi buruk dari Rossi, menurut Chick, tak akan mengganggu performa biriliannya selama dua dekade ia membalap. Thomas Janz dari Jerman pun buka suara bahwa insiden ini hanya akan mengganggu sedikit saja karir Rossi. Terakhir, Alexandre Coiquil dari Prancis menegaskan bahwa Rossi tetaplah legenda di dunia balap motor.

Insiden GP Malaysia Tak Goyahkan Status Valentino Rossi Sebagai Legenda,

Rating : 4.38 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: