Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rasa Lelah Berlebih

Jakarta – Adalah wajar untuk merasa lelah setelah seharian beraktivitas, terutama jika aktivitas yang dilakukan termasuk aktivitas berat. Pada orang-orang yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk beristirahat, rasa lelah berlebihan ini seringkali muncul. Beberapa hal lain yang dapat memicu rasa lelah di antaranya adalah pengaruh diet yang dijalani serta kelebihan konsumsi kafein.

Namun selain karena faktor-faktor di atas, ternyata masih ada penyebab lain mengapa rasa lelah berlebihan kerap muncul. Dilansir dari NHS UK, Sabtu (7/11/2015), berikut adalah lima kondisi yang memungkinkan seseorang untuk mengalami rasa lelah secara berlebihan.

Faktor Penyebab Lelah

Gambar Ilustrasi Faktor Penyebab Lelah. (Sergey Mironov-Shutterstock)

Yang pertama adalah karena penyakit celiac. Celiac adalah sebuah penyakit di mana tubuh memberikan reaksi buruk pada konsumsi gluten, sejenis zat yang umum ditemukan pada kue, sereal serta roti. Satu dari 100 orang Inggris diketahui mengidap penyakit yang bisa diketahui melalui tes darah ini. Gelaja lain dari celiac selain kelelahan adalah diare serta anemia.

Kedua adalah anemia. Umumnya memang seseorang yang sering lelah adalah karena kekurangan jumlah sel darah merah yang bisa mengakibatkan kurangnya zat besi dalam tubuh. Anemia atau kekurangan darah ini diketahui terjadi pada satu dari 20 pria serta lebih sering ditemukan kasusnya pada wanita.

Selanjutnya ada sindrom kelelahan kronis. Disebut juga sebagai encephalomyelitis myalgic atau ME, sindrom ini diderita oleh setidaknya 250 ribu orang di Inggris. Gejala ME antara lain adalah nyeri pada bagian sendi dan otot, sakit kepala hingga sakit tenggorokan. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan kelumpuhan selama enam bulan dan biasanya diderita oleh orang-orang pada usia awal 20-an hingga 40-an.

Berikutnya ada sleep apnea, yaitu gangguan tidur di mana seseorang akan sulit bernapas ketika tidur. Penderita sleep apnea akan mengalami penyempitan tenggorokan sehingga mengganggu pernapasan. Obesitas dan konsumsi alkoh0l berlebih biasanya menjadi penyebab penyakit yang satu ini.

Terakhir adalah karena kurang aktifnya kelenjar tiroid akibat minimnya hormon tiroid dalam tubuh seseorang. Selain kelelahan, kelenjar tiroid yang kurang aktif juga bisa mengakibatkan kegemukan. Kondisi ini sering terjadi pada wanita dan bisa didiagnosis melalui tes darah.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rasa Lelah Berlebih,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: