Roda As Terlipat Ke Belakang, Pesawat Batik Air Tergelincir

Yogyakarta – Sempat terlihat patah, namun ternyata roda as pesawat Batik Air hanya terlipat ke belakang. Hal ini diketahui secara pasti setelah badan pesawat diangkat. Petugas investigasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT, Cahyo Utomo, telah memastikan hal ini di lokasi kejadian. “Kami telah mengangkat badan pesawat dan terlihat bahwa roda asnya terlipat ke belakang, tapi tidak patah,” ucapnya Sabtu (7/11/2015).

Masih menurut Cahyo, posisi roda berada pada bagian bawah pesawat serta tersangkut di sebuah lubang. Temuan ini sekaligus mempermudah dalam proses evakuasi pesawat Batik Air tersebut. “Roda masih utuh dan bisa ditegakkan kembali, sehingga evakuasi menjadi lebih mudah,” tambahnya.

Batik Air Tergelincir

Batik Air.

Pihak KNKT masih akan menyelidiki apakah komponen roda ini masih berfungsi atau tidak. Selagi belum ada keterangan resmi, KNKT belum mau memberikan spekulasi bahwa roda inilah yang menyebabkan pesawat tergelincir. Cahyo menyebut jika proses evakuasi ini masih berlangsung panjang.

Dalam aturan internasional sendiri disebutkan bahwa untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kecelakaan pesawat dibutuhkan waktu setidaknya satu tahun. Namun Cahyo yakin jika proses investigasi untuk kasus Batik Air ini bisa lebih cepat, kira-kira tiga sampai empat bulan saja sudah bisa diketahui penyebabnya. Apalagi black box pesawat juga telah diamankan. Untuk proses evakuasinya sendiri berlangsung sesuai dengan target yang ditetapkan yaitu selesai pukul lima pagi. Badan pesawat telah berhasil digeser sekitar pukul empat pagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Batik Air rute Jakarta-Yogyakarta mengalami insiden tergelincir di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang hingga kini belum diketahui penyebab pastinya. Terkait insiden ini, pihak Batik Air dijadwalkan akan menggelar konferensi pers di Kantor Angkasa Pura 1.

General Manager Angkasa Pura 1 bandara Adi Sucipto Yogyakarta membenarkan berita ini dan mengatakan bahwa pesawat telah berhasil dievakuasi. Pihaknya telah menggelar rapat pada pagi hari dan untuk lebih jelasnya akan disampaikan pada saat konferensi pers. Konferensi pers ini akan dihadiri pula oleh KNKT untuk memperjelas kronologi tergelincirnya pesawat Batik Air.

Roda As Terlipat Ke Belakang, Pesawat Batik Air Tergelincir,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: