Nostalgia 5 Smartphone QWERTY Terbaik Yang Sempat Jadi Primadona

California – Sebelum smartphone touchsreen menjadi pilihan banyak orang seperti sekarang ini, ponsel pintar dengan mengadaptasi keyboard layaknya PC atau kerap disebut QWERTY telah lebih dulu menjadi primadona. Bahkan, pada masa jayanya, tombol QWERTY kerap digunakan pada produk smartphone dengan harga cukup tinggi serta menyasar kalangan high end.

Vendor smartphone asal Kanada, BlackBerry, merupakan salah satu produsen yang dianggap mempopulerkan ponsel dengan tombol QWERTY ini, yang akhirnya diadopsi pula oleh vendor-vendor lain. Namun, BlackBerry bukan satu-satunya produsen yang terkenal akan QWERTY-nya. Seperti dilaporkan Phone Arena, Minggu (8/11/2015) berikut adalah lima smartphone QWERTY terbaik dan sempat menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Pertama adalah Sony Ericsson P910. Dirilis pada 2004 dan merupakan ponsel high end Sony pada masa itu, P910 dibekali dengan sistem operasi Symbian UIQ. Spesifikasi gadget ini meliputi layar 2,9 inchi dengan resolusi 280 x 320 pixel, kamera VGA dan stylus pen. Untuk ukuran ponsel keluaran 2004 tentunya P910 terbilang mumpuni di kelasnya.

Selanjutnya ada ponsel sejuta umat, Nokia, dengan tipe E90 Communicator. Dikenalkan pada tahun 2007 dengan membenamkan sistem operasi Symbian S60, Nokia E90 Communicator merupakan smartphone yang mengusung desain mini komputer pada dekade terakhir. E90 juga menjadi seri Communicator pertama serta mampu menjangkau koneksi 3G.

Smartphone QWERTY Yang Sempat Populer

Nokia E90 Communicator, Smartphone QWERTY Yang Sempat Populer.

Smartphone berbasis Windows dengan tombol QWERTY pun tak kalah menjadi primadona masyarakat. HTC TyTN II yang dirilis pada 2007 memiliki bentang layar 2,8 inchi dengan resolusi 240 x 340 pixel. Stylus pen memperlengkap fitur yang dimiliki ponsel dengan sliding keyboard ini.

Daftar ini tak akan lengkap tanpa ponsel BlackBerry. Sebagai vendor yang mempopulerkan tombol QWERTY, BlackBerry Bold 9000 merupakan ponsel premium kala ia diluncurkan pada 2008 silam. Bold 9000 bisa dibilang menduduki kejayaan sebagai ponsel QWERTY dengan berbekal layar seluas 2.6 inchi, koneksi 3G, memori internal 1 GB hingga RAM 128 GB.

Terakhir adalah HTC Dream yang dirilis pada 2008. Menjadi smartphone pertama dengan basis Android tentu membuatnya populer, apalagi dengan sliding keyboard QWERTY serta CPU single core dan bentang layar 3,2 inchi.

Nostalgia 5 Smartphone QWERTY Terbaik Yang Sempat Jadi Primadona,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: