Gempa 6 Skala Richter Goyang Mandailing Natal

Padang – Belum tuntas gempa Alor dan guncangan yang terjadi di Pandeglang, Banten pada beberapa hari lalu, kini wilayah lain di Indonesia turut digoncang gempa pula. Gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter (SR) diketahui terjadi di Mandailing Natal provinsi Sumatera Utara. Getaran gempa terasa pada pukul 16.34 WIB hingga ke kota Padang di Sumatera Barat.

Pusat gempa sendiri berada pada 0.57 lintang utara dan 98.71 bujur timur dengan arah delapan puluh enam kilometer di sebelah barat daya Mandailing Natal. Sementara untuk kedalaman gempa mencapai sembilan puluh delapan kilometer.

Menurut salah seorang warga, goncangan gempa ini terasa dengan durasi sekitar empat detik dan terasa cukup kuat. “Saya sedang duduk saat gempanya datang. Awalnya saya mengira hanya mejanya saja yang goyang, ternyata ada gempa,” ucap Pinda Tangkas Simanjuntak, warga Kelurahan Parak Rumbio di Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, hari Minggu (8/11/2015).

Gempa Di Mandailing Natal Sumatera Utara

Gempa Di Mandailing Natal Sumatera Utara. (ilustrasi)

Getaran gempa juga dirasakan di Pasar Raya dan menyebabkan beberapa pembeli merasa panik. “Saya terkejut, saya kira mata saya yang pusing, ternyata gempa,” ujar Conet, salah satu pedagang di Pasar Raya Padang. Sementara warga yang merasa panik memilih untuk berdiri di teras luar rumah karena kondisi Kota Padang tengah diguyur hujan.

Sebelum gempa menggoncang Mandailing Natal, sebelumnya getaran sekuat 6.2 Skala Richter terlebih dahulu menggoyang Kabupaten Alor di Nusa Tenggara Timur. Kerugian yang dialami akibat gempa ini bahkan diperkirakan mencapai empat puluh sembilan miliar rupiah. Hal ini lantaran wilayah kerusakan meliputi lima kecamatan dengan sekitar delapan belas desa. Tak kurang dari delapan ratus delapan puluh empat rumah mengalami rusak yang tersebar di lima kecamatan tersebut. Tak hanya rumah, sejumlah sekolah dan tempat peribadatan pun tak luput dari kerusakan.

Sementara pada 4 November lalu, tercatat gempa dengan kekuatan 5.2 Skala Richter menggoyang ibu kota Jakarta hingga ke Pandeglang, Banten. Diyakini bahwa serentetan gempa bumi ini sebagai akibat dari aktifnya Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gempa 6 Skala Richter Goyang Mandailing Natal,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: