Presiden Jokowi Penuhi Janji Bangun Tol Laut

Jakarta – Program tol laut yang merupakan salah satu jargon Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkampanye pilpres akhirnya diluncurkan. Program ini pun diyakini bisa membuat negara Indonesia menjadi poros maritim di dunia. Peluncuran program ini sendiri dilakukan pada 4 November 2015 lalu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Melalui Kementerian Perhubungan, pemerintah meluncurkan adanya penyelenggaraan kewajiban untuk pelayanan publik dalam hal angkutan barang. Pemerintah juga menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) dalam Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2015. Perpres ini diikuti oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 161 Tahun 2016 serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 168 Tahun 2015.

Skema Tol Laut Di Indonesia.

Skema Tol Laut Di Indonesia.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan turut menghadiri peluncuran program tol laut bersama dengan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong. Tak hanya itu, jajaran Kementerian Koordinator di bidang Kemaritiman serta direksi PT Pelayaran Indonesia dan pejabat-pejabat pemerintahan yang terkait pun turut datang.

Program tol laut memang menjadi salah satu program unggulan Jokowi yang sempat diutarakannya saat kampanye pilpres tahun lalu. Menurutnya, dengan tol laut ini sejumlah komoditas yang dibutuhkan oleh semua pulau akan memiliki harga yang sama. Hingga kini, memang harga-harga barang kebutuhan kerap berbeda jauh antara satu pulau dengan pulau lainnya. Hal ini mengakibatkan tingkat inflasi susah untuk dijaga di daerah.

“Terdapat kesenjangan dalam pembangunan infrastruktur, harga-harga berbeda di tiap pulau. Contohnya semen di Pulau Jawa bisa seharga lima puluh ribu rupiah sementara di Pulau Papua bisa di atas satu juta rupiah. Manajemen distribusi untuk logisitik memang harus diperbaiki,” ucapnya pada Rabu, 21 Mei 2014 lalu. Sementara tol laut yang dimaksud bukan berarti jalan tol penghubung antar pulau, melainkan pelabuhan di tiap pulau yang biasa disebut deep sea port.

“Tol laut bukan jalan tapi deep sea port atau pelabuhan di pulau-pulau besar. Jadi setiap hari ada kapal besar yang mondar-mandir, jadi harga barang-barang kebutuhan bisa sama rata di semua pulau,” ungkapnya memberi kejelasan.

Presiden Jokowi Penuhi Janji Bangun Tol Laut,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: