Pasien Lebih Mudah Bertemu Dokter Melalui Aplikasi Smartphone Ini

Jakarta – Umumnya, jika ingin mengunjungi dokter untuk berkonsultasi masalah kesehatan, pasien harus memastikan terlebih dahulu jadwal dokter dengan cara konvensional, yakni menelepon atau datang langsung ke lokasi praktek dokter yang bersangkutan. Cara ini tentu memakan waktu dan biaya yang jika dihitung-hitung bisa menjadi beban pengeluaran sehari-hari. Namun kini, sebuah aplikasi telah diciptakan untuk mempermudah pasien dalam menemukan dokter.

Aplikasi dengan nama Practo ini didirikan oleh Shasank ND. Menurutnya, melalui Practo pasien dapat lebih mudah dalam menemui atau mengatur janji untuk bertemu dengan dokter. “Dengan Practo, pasien bisa dengan mudah menemukan dokter, melihat list nama dokter yang ada di tempat praktek dan memilih dokter yang akan menjadi tujuan konsultasi. Pasien bahkan bisa melakukan janji temu,” ucap Shasank.

Aplikasi Practo Untuk Konsultasi Dengan Dokter

Aplikasi Practo Untuk Konsultasi Dengan Dokter. (App Store)

Menariknya lagi, hasil dari daftar pencarian dokter ini tak hanya terbatas pada nama dokter namun juga keterangan lengkap mengenai berapa lama tahun pengalaman dokter tersebut dalam menangani pasien, kualifikasi, spesialisasi, afiliasi hingga foto-foto tempat praktek dokter baik di klinik atau di rumah sakit. Ini artinya pasien bisa mendapat informasi sangat akurat mengenai dokter yang akan dikunjungi.

Practo sudah mulai diperkenalkan sejak enam bulan yang lalu. Sampai dengan bulan September, sudah ada sekitar empat ribu dua ratus dokter di enam puluh persen klinik di Jakarta yang tercatat dalam database Practo. Data dokter yang terdaftar dalam Practo juga telah diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak klinik atau rumah sakit bersangkutan.

“Kalau kita melakukan konsultasi kesehatan dengan satu dokter, kita tidak bisa mengira-ngira atau bahkan mencari tahu dokter ini menggelar praktik di mana saja. Akan tetapi melalui Practo, kita bisa mengetahui bahwa dokter A praktik di mana saja,” imbuh Shashank.

Selain itu, data rekam medis yang dimiliki pasien juga dapat diketahui serta disimpan dalam aplikasi ini. Masih menurut Shashank, biasanya data rekam medis yang diberikan oleh dokter kepada pasien bisa hilang. Akan lebih baik apabila pasien menyimpan data ini dalam bentuk digital pula, salah satunya melalui aplikasi Practo. Saat ini aplikasi Practo sudah tersedia untuk platform Android dan iOS serta bisa diunduh secara gratis melalui Google PlayStore atau AppStore.

Pasien Lebih Mudah Bertemu Dokter Melalui Aplikasi Smartphone Ini,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: