Firefox Akhirnya Mendarat di iOS

California – Mozilla akhirnya melebarkan sayap bisnis hingga menyentuh platform Apple. Awalnya Firefox telah tersedia dalam perangkat Android. Kini, browser tersebut akan muncul juga dalam sistem operasi iOS. Dilansir dari Phone Arena pada Jumat (13/11/2015), sebelum resmi meluncur pada perangkat iOS, browser besar ini telah melalui proses testing dalam bentuk beta selama berbulan-bulan. Sebelumnya memang ketidak hadiran Firefox di dalam Apple App Store telah menjadi sebuah pertanyaan besar.

Alasan mengapa baru sekarang ini Firefox muncul di iOS adalah karena Apple awalnya tidak mengizinkan adanya browser dari pihak ketiga dalam App Storenya. Apalagi, jika browser tersebut enggan menggunakan mesin WebKit bikinan Apple. Ini menjadi masalah bagi Mozilla karena mereka menggunakan mesin Gecko yang merupakan mesin in-house milik mereka sendiri. Artinya, pengembang berada dalam posisi terjepit antara hendak menggunakan WebKit atau melupakan keinginan masuk ke AppStore walau pasar yang tersedia tampak begitu menjanjikan.

Download Firefox Untuk iPhone iOS.

Resmi Hadir, Firefox Untuk iOS. (App Store)

Mozilla pada akhirnya mengambil opsi yang jelas lebih menguntungkan mereka. Nantinya, pengguna iOS 8.2 alias iOS terbaru akan bisa mengadopsi aplikasi browser ini dalam perangkat masing-masing secara gratis. Mozilla sendiri memiliki beragam fitur besar yang dirasa cukup menguntungkan pengguna di dalamnya. Sebut saja mulai dari Private browsing sampai dengan Firefox Sync. Kelebihan-kelebihan ini tidak terdapat dalam browser lain sehingga menjadikan Firefox sebagai salah satu browser andalan dalam menjelajah internet.

Masuknya Firefox ke dalam iOS tentu menjadi angin segar bagi pengguna perangkat Apple yang sudah lama ingin menjajal browser ini. Firefox juga pastinya akan mendapat banyak untung mengingat besarnya pasar yang bisa mereka tuju dengan menyediakan layanannya dalam AppStore.

Selain layanan browsernya, Firefox juga sempat meluncurkan produk smartphone dengan menggunakan Firefox OS yang populer pada 2013 lalu. Smartphone tersebut tersedia di tiga belas negara dengan nama Alcatel One Touch Fire. Ditawarkan oleh operator jaringan Telenor, smartphone ini dipasarkan antara lain di Serbia, Hungaria, Brasil, Uruguay, Venezuela, Peru, Meksiko, Kolombia, Amerika, Inggris, Spanyol dan Polandia.

Firefox Akhirnya Mendarat di iOS,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: