Kenali Sebab-sebab Anak Malas Sarapan Dan Akibatnya

Anak-anak seringkali menolak sarapan alias makan pagi dengan berbagai macam alasan. Mengingat pentingnya sarapan di pagi hari, maka sang ibu diharap untuk mengerti sebabnya, demikian dikatakan oleh Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah MS selaku ketua umum Pergizi Pangan Indonesia.

“Biasanya anak merasa capek akibat tidur larut malam. Bisa juga karena anak bosan dengan makanan yang disajikan dan lebih memilih untuk tidak sarapan supaya diberi uang jajan saja. Itu beberapa alasan yang menyebabkan anak susah makan di pagi hari,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Sarapan Sehat dan Bergizi Blue Band di Jakarta Selatan.

Penyebab Anak Malas Makan

Penyebab Anak Malas Sarapan Pagi. (telegraph)

Lebih lanjut Prof. Hardin, begitu beliau kerap disapa, mengatakan bahwa anak sering terburu-buru untuk pergi sekolah di pagi hari. Ini akan membuat anak takut terlambat datang ke sekolah sehingga bisa dimarahi oleh gurunya. “Anak lebih takut kepada gurunya di sekolah daripada kepada orangtuanya di rumah. Sehingga anak sering rela ke sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu,” jelasnya.

Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan setiap hari karena bisa memiliki pengaruh negatif pada konsentrasi belajar anak di sekolah. “Kalau penyebabnya sudah diketahui, orangtua terutama ibu harus pintar-pintar menyiasati. Anak bisa membawa bekal makanan yang cepat dimasak dan sederhana namun tetap sehat,” lanjut Prof. Hardin.

Contoh bekal makanan yang sederhana namun sehat tersebut bisa berupa sandwich dengan dua lembar roti dan telur serta irisan sayur di tengahnya. Nasi goreng dengan tambahan lauk seperti daging nugget juga bisa diberikan. Tambahan buah akan menjadikannya sempurna, seperti buah apel atau jeruk.

Sarapan pagi terutama penting untuk melengkapi gizi harian. Tidak sarapan akan menyebabkan badan menjadi lemas, cepat lelah dan telat berpikir, bahkan mengalami ngantuk dan kurang fokus. Pada anak-anak usia sekolah, semua hal di atas dapat berimbas pada turunnya nilai rapor di samping kesehatan yang memburuk dan mudah terserang penyakit. Sehingga anak-anak sudah harus dibiasakan untuk sarapan sehat setiap harinya dengan menu bervariasi dan gizi seimbang.

Kenali Sebab-sebab Anak Malas Sarapan Dan Akibatnya,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: