Tim Arkeolog Temukan Terowongan Rahasia Piramida Mesir

Giza – Piramida Giza di Mesir memang masih menyimpan segudang misteri di dalamnya. Baru-baru ini, tim arkeolog internasional berhasil menemukan apa yang mereka sebut sebagai anomali termal. Anomali ini terdapat di dasar Piramida tersebut. Dengan menggunakan kamera inframerah, tim arkeolog beserta ilmuwan telah menemukan tiga bongkah batu yang suhunya lebih tinggi pada bagian bawah piramida tersebut.

Tim ini awalnya diterjunkan untuk mencari adanya kemungkinan jalur atau jalan tersembunyi pada struktur piramida yang sudah berusia sekitar empat ribu tahun tersebut. Namun, mereka justru menemukan adanya terowongan rahasia di dalam bangunan bersejarah tersebut.

“Tim kami telah menyimpulkan terdapat beberapa anomali panas yang berhasil diamati di semua monumen dalam fase pemanasan ataupun fase pendinginan. Tak hanya itu, kami juga berhasl menemukan sebuah terowongan rahasia,” ungkap tim arkeolog internasional tersebut seperti dikutip dari IB Times, Rabu (11/11/2015).

“Area yang telah kami temukan ini bisa dijadikan subjek investigasi secara lebih mendalam oleh para arkeolog dan ilmuwan lan di kemudian hari,” lanjutnya.

Piramida Giza atau yang terkenal juga dengan sebutan Piramida Khufu merupakan bangunan piramida terbesar serta tertua yang berada di negara Mesir. Para sejarawan memprediksikan bahwa piramida tersebut terbentuk sekitar dua ribu lima ratus tahun sebelum Masehi. Piramida Giza menjadi satu-satunya bangunan yang hingga kini masih merupakan bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia serta merupakan salah satu tujuan wisata internasional yang ikonik dari Mesir.

Piramida ini sendiri dibangun sebagai makam Firaun dinasti keempat dari Mesir, yaitu Khufu, sehingga kerap pula disebut Piramida Khufu. Ketinggian atap piramida mencapai seratus tiga puluh delapan meter atau empat ratus lima puluh lima kaki. Berlokasi di kota Giza, Mesir, piramida ini merupakan bangunan utama dalam kompleks makam dengan kuil dan beberapa piramida lain yang berukuran lebih kecil di sekitarnya.

Piramida Giza Di Mesir

Piramida Giza Di Mesir. (IB Times)

Selama puluhan tahun para ilmuwan dan arkeolog telah berusaha untuk menemukan lebih banyak bangunan di sekitar Piramida Giza dan di dalam piramida itu sendiri lewat Proyek Pemetaan Giza. Hasil pemetaan ini menemukan adanya kota, pemakaman, pabrik dan toko-toko di sekitar piramida.

Tim Arkeolog Temukan Terowongan Rahasia Piramida Mesir,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: