Aplikasi InstaAgent Terbukti Curi Data Akun Instagram

Pengguna Instagram mungkin sudah familiar dengan aplikasi InstaAgent yang bisa diunduh secara gratis melalui perangkat berbasis Android maupun iOS. InstaAgent menawarkan beragam fitur di mana salah satu fitur andalannya adalah ia dapat membantu pengguna untuk mengetahui siapa saja yang sudah melihat profil Instagram pengguna. Akan tetapi, ternyata ada fakta mengejutkan di balik aplikasi yang sempat menjadi Top Free iPhone Apps di App Store ini.

Diwartakan oleh MakeMac pada Rabu (11/11/2015), InstaAgent ternyata mencuri data-data pengguna Instagram yang telah memasang aplikasi ini. Tidak tanggung-tanggung, data-data yang dicuri meliputi username serta password yang tentunya sangat penting bagi pengguna.

Aplikasi InstaAgent Curi Data Akun Instagram

Aplikasi InstaAgent Curi Data Akun Instagram.

Pengguna yang sudah memasang InstaAgent kemudian mendapati akun Instagramnya memposting foto yang sebelumnya tidak pernah diposting, maka itu artinya foto tersebut diupload oleh InstaAgent serta akun Instagram tersebut telah berhasil diretas.

Tindakan ini tentu saja melanggar Terms of Service milik Instagram, di mana salah satu di antaranya ialah memberi akses untuk pihak ketiga supaya dapat memposting foto. Aksi InstaAgent sendiri pertama kali diketahui oleh David dari PepperSoft. Melalui akun twitternya, @PeppersoftDev, David mengeluarkan kicauannya terkait aplikasi ini.

Aku ingin mengatakan bahwa Who Viewed Your Profile InstaAgent adalah malware pertama yang terdapat dalam iOS AppStore serta telah diunduh sebanyak setengah juta kali, ucap David pada 10 November 2015 lalu. Kicauannya ini pun mendapat respon sebanyak 66 retweet dan 39 favorites. Ia mengajak para pengguna untuk menyadari bahwa aplikasi yang sempat menduduki Top Ten free apps di App Store wilayah Amerika Serikat itu tidak aman.

Pihak Apple pun tidak tinggal diam melihat aksi ini. Dikabarkan bahwa vendor raksasa asal Amerika Serikat tersebut telah mendepak InstaAgent dari dalam App Store. Pengguna yang sudah terlanjur memasang InstaAgent diharapkan untuk mengubah informasi login pada akun Instagramnya sebagai tindakan pemulihan terhadap akun yang baru diretas, terutama kata sandi. Kombinasi password antara huruf dan angka sangat disarankan supaya akun tidak lagi mudah diretas hacker.

Aplikasi InstaAgent Terbukti Curi Data Akun Instagram,

Rating : 4.31 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: