Menurut Data Statistik, Lorenzo Memang Pantas Jadi Juara Dunia MotoGP 2015

Usai resmi menyandang gelar juara dunia MotoGP 2015 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, beberapa angka yang cukup menarik perhatian mengiringi langkah pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo. Jika dilihat dari statistiknya sepanjang musim balap 2015, dirinya memang pantas untuk meraih titel World Champion. Hal ini tak lain berkat performa gemilangnya sepanjang delapan belas seri yang digelar.

Sepanjang tahun, pembalap berjuluk X-Fuera itu telah mendapat total tujuh kemenangan masing-masing di Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol), Brno (Ceko), Aragon (Spanyol) dan Valencia (Spanyol). Tak hanya itu, peraih gelar juara dunia ketiga kalinya di kelas para raja ini juga mendapat ketujuh kemenangannya itu dengan cara memimpin balapan sejak lap pertama sampai dengan lap terakhir.

Jorge Lorenzo Rayakan Kemenangan Sebagai Juara Dunia MotoGP 2015

Jorge Lorenzo Rayakan Kemenangan Sebagai Juara Dunia MotoGP 2015. (Reuters)

Jika Lorenzo sudah berada di barisan depan dan memimpin perlombaan, maka akan sulit bagi pembalap lain di belakangnya untuk menyusul. Sementara itu, total pada musim ini Lorenzo telah memimpin lomba sampai 247 lap. Rider kelahiran Mallorca, dua puluh delapan tahun lalu ini diketahui memiliki catatan angka terbaik jika dibandingkan dengan tiga seterunya, Marquez (86 lap), Rossi (50 lap) dan Pedrosa (27).

Akan tetapi jika dilihat dari segi konsistensi, maka tahun ini yang terbilang paling konsisten di kelas MotoGP adalah rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor itu mengantongi lima belas podium, atau tiga podium lebih banyak dibanding Lorenzo. Berakhir sebagai runner up di klasemen akhir, namun Rossi juga mencatat performa apik di lintasan basah.

Andaikan seluruh seri musim ini digelar dalam kondisi basah, maka Rossi mampu menyabet gelar juara dengan keunggulan lima puluh enam poin di atas Lorenzo. Walau Rossi gagal meraih gelar juara dunia MotoGP tahun ini dengan hanya selisih lima angka di klasemen akhir, namun banyak yang menilai bahwa Rossi telah menjadi People Champion atau juara dunia di hati banyak orang, terutama penikmat balap MotoGP. Predikat ini tak lepas dari adanya tuduhan serta konspirasi bahwa kemenangan yang diraih Jorge Lorenzo adalah berkat bantuan dari rekan senegaranya, Marc Marquez.

Menurut Data Statistik, Lorenzo Memang Pantas Jadi Juara Dunia MotoGP 2015,

Rating : 4.31 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: