Rupiah Melemah Terkait Bom Paris

Jakarta – Nilai tukar rupiah pada sore ini diberitakan kembali melemah akibat penguatan mata uang dollar Amerika. Penguatan ini, diduga tidak lepas dari insiden bom Paris yang salah satu efeknya adalah menghancurkan mata uang euro. Robert T. Lutts selaku Presiden dan Kepala Investasi Cabot Wealth Management, mengungkapkan jika insiden teror bom tersebut memberi efek negatif pada sektor pariwisata Paris.

Hal ini sejalan dengan ditutupnya beberapa lokasi wisata ikonik di Prancis seperti Menara Eiffel dan Museum Louvre menyusul aksi penembakan di beberapa titik kota Paris pada Jumat waktu setempat. Akibat dari penurunan pariwisata di Eropa ini juga memberi dampak yang tidak baik bagi euro.

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Melemah Dikisaran Rp 13.700. (kompas)

“Aksi penembakan brutal tersebut membuat para investor lebih berhati-hati dalam mengambil sikap, terutama karena adanya resiko di pasar yang lebih tinggi daripada sebelumnya,” ucap Lutts sebagaimana diwartakan Reuters, Senin (16/11/2015).

Menurut catatan YahooFinance, Rupiah telah menguat sampai dengan tiga puluh lima poin atau sebesar nol koma dua lima persen ke Rp13.759 per dollar Amerika (USD). Sementara pergerakan Rupiah harian sendiri antara Rp13.645 sampai dengan Rp13.837 per dollar Amerika.

Bloomberg Dollar Index mencatat pada trading Non Delivery Forward atau NFD bahwa Rupiah sempat melemah sampai enam puluh empat poin atau sebanyak nol koma empat tujuh persen menuju Rp13.749 per dollar Amerika jika angka ini dibandingkan dengan pada saat penutupan sebelumnya yang sempat berada di Rp13.685 per dollar Amerika.

Jika dilihat pada pergerakan hariannya, Rupiah rata-rata bergerak pada kisaran Rp13.689 sampai dengan Rp13.770 per dollar Amerika. Sementara untuk pergerakan lima puluh dua mingguan, Rupiah memiliki pergerakan mulai dari level Rp12.082 sampai dengan Rp14.828 per dollar Amerika.

Bank Indonesia atau BI mencatat Rupiah sempat berada di level Rp13.732 jika mengacu pada kurs Jakarta Interspot Dollar Exchange atau Jisdor. Sementara untuk kurs jual adalah Rp13.801 per dollar Amerika dan kurs belinya mencapai Rp13.663 per dollar Amerika. Namun diperkirakan rupiah akan kembali menguat jika kondisi keamanan dan pariwisata Eropa sudah kembali normal.

Rupiah Melemah Terkait Bom Paris,

Rating : 4.38 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: