PS4 Diduga Jadi Alat Komunikasi Teroris Pada Serangan Paris

Paris – Para pelaku bom bunuh diri dan aksi penembakan brutal di Paris, Prancis, diduga kuat saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan perangkat Sony PlayStation. Menurut laporan, terdapat satu konsol games PS4 yang telah diamankan di negara Belgia, di tempat yang difokuskan menjadi lokasi penyelidikan terkait insiden tersebut. Beberapa ahli keamanan berpendapat jika ada ruang guna menyembunyikan pesan secara nonverbal dalam permainan tersebut.

Selang beberapa hari sebelum adanya serangan dan teror di Paris, Jan Jambon selaku Menteri Dalam Negeri Belgia menjadikan PS4 fokus penelitian intelijen. Konsol permainan ini dinilai mempunyai metode berkomunikasi yang terbilang paling sulit untuk dilacak bagi pihak intelijen dalam memerangi terorisme.

Konsol Game PS4 Diduga Menjadi Alat Komunikasi Teroris

Konsol Game PS4 Diduga Menjadi Alat Komunikasi Teroris. (Sony)

“Ini sulit tidak hanya untuk Belgia tapi juga bagi dunia internasional dalam menerjemahkan komunikasi melalui perangkat PS4,” ungkapnya seperti diwartakan Sydney Morning Herald, Senin (16/11/2015).

Mike Thompson selaku direktur produk dan layanan mengenai keamanan informasi di Linus Information Security Solutions menambahkan jika kesulitan pengkodean itu akibat dari penggunaan sistem operasi proprietary dalam PS4. Jaringan komunikasinya dikenal dengan nama PlayStation Network sehingga kian sulit untuk dipecahkan.

“Bahkan perangkat kerasnya juga turut dienkripsi sehingga menyulitkan forensik dan tim hacking,” ungkapnya. Jaringan komunikasi ini sendiri baru bisa dipantau dengan alat khusus yang mendapat akses PlayStation Network ke akun pengguna.

Mengumpulkan intelijen yang berasal dari platform games juga bukan tugas yang mudah. Hal ini terkait identitas pengguna dalam sebuah permainan sangat mudah untuk diubah demi menghindari adanya kecurigaan pihak berwenang. Selain identitas, lokasi juga bisa diganti setiap waktu sesuai keinginan, sehingga makin menyulitkan pelacakan.

Petunjuk yang hendak dicari dalam komunikasi melalui games ini seperti orang yang tengah mencari jarum di dalam jerami. Selain itu, permainan juga memakai stenografi normal yang bisa diubah ke dalam pesan tertentu. Teroris saling berkomunikasi melalui kerangka games yang menjadikannya sulit dibedakan apakah komunikasi tersebut berhubungan dengan kejadian di kehidupan nyata atau hanya permainan saja. Namun hingga kini belum ada tanggapan dari PlayStation terkait dugaan tersebut.

PS4 Diduga Jadi Alat Komunikasi Teroris Pada Serangan Paris,

Rating : 4.72 / 5 dari 18 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: