Begini Cara Cegah Penyakit Jantung dan Diabetes Sekaligus

Jakarta – Penyakit diabetes ternyata mampu meningkatkan resiko penyakit jantung hingga dua sampai empat kali. Pada penderita diabetes atau penyakit gula, kadar gula dalam darah yang cukup tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah serta kerusakan pada sel-sel jantung. Kedua hal ini dapat berujung pada penyakit jantung, bahkan stroke.

Dr. Mulyani Anny Suryani Gultom SpPD dari Siloam Hospital dalam perayaan World Diabetes Day, Selasa (17/11/2015) mengungkapkan bahwa ada cara untuk mencegah penyakit jantung dan gula sekaligus.

“Pola hidup sehat adalah kunci utama dalam mencegah penyakit jantung dan diabetes. Kita semua dapat memulai pola hidup sehat ini dari melakukan pembatasan terhadap konsumsi gula setiap harinya. Jangan sampai lebih dari dua puluh lima gram atau dua sendok makan setiap harinya. Sementara anjuran dari World Health Organization atau WHO adalah dua sampai empat sendok makan,” ungkap dr. Mulyani melalui siaran pers.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes dan Jantung

Cara Mencegah Penyakit Diabetes dan Jantung.(ilustrasi:liputan6)

Untuk yang menyukai makanan maupun minuman manis dapat mengganti gula dengan menggunakan pemanis yang mengandung kalori rendah. Konsumsi lemak juga perlu dikurangi dengan cara menghindari gorengan yang mengandung lemak serta memilih produk susu yang rendah lemak. Beberapa bahan makanan lainnya yang mengandung lemak juga perlu untuk dihindari seperti daging merah dan lain-lain.

Dr. Mulyani juga mengingatkan untuk selalu berolahraga secara teratur serta istirahat cukup minimal empat jam tidur malam setiap harinya. Olahraga akan menghindarkan resiko penyakit jantung, terutama olahraga kardio seperti lari dan berenang. Istirahat cukup penting untuk memulihkan tenaga setelah seharian beraktivitas.

“Bagi yang sudah terlanjur menderita diabetes, usahakan untuk selalu berpikir positif. Hal ini penting guna menghindari terjadinya peningkatan insulin serta menjaga kadar gula dalam darah agar selalu stabil,” tutupnya.

Sehingga, kunci dari menghindari penyakit jantung serta diabetes sekaligus adalah menjaga pola hidup yang sehat dengan konsumsi makanan bergizi dengan dibarengi istirahat teratur dan olahraga rutin. Selain itu, selalu bahagia dan berpikir positif juga akan sangat membantu tubuh untuk tidak terserang berbagai macam penyakit.

Begini Cara Cegah Penyakit Jantung dan Diabetes Sekaligus,

Rating : 4.33 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: