Ragam Sajian Penghangat Badan Asal Cina

Jakarta – Memasuki musim penghujan yang tidak menentu, sajian hangat bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar selalu fit. Tak berbeda jauh dengan Cina, karena di Negeri Tirai Bambu itu juga terdapat aneka makanan yang kerap dihidangkan saat musim dingin atau musim hujan tiba. Tentu alasannya karena makanan-makanan tersebut mampu untuk menghangatkan badan lantaran bahan-bahan yang digunakan terdiri dari lada, cabai hingga kuah kaldu.

Di provinsi Liaoning terdapat hidangan khas yaitu sup ayam dan jamur. Sup ini juga dihidangkan bersama dengan mie kentang yang teksturnya empuk. Karena mampu menghangatkan badan, sup ini biasa digunakan sebagai makanan untuk menyambut musim dingin di Cina bagian utara.

Sup Ayam dan Jamur Khas Cina

Sup Ayam dan Jamur Khas Cina. (detik)

Kemudian ada chile-fried chicken cubes atau yang dikenal juga dengan nama La Zi Ji. Kombinasi bumbu pedas dari lada, cabai dan wijen yang membungkus dada ayam membuatnya begitu nikmat. Berasal dari wilayah Chongqing, sajian yang satu ini juga dipercaya mampu untuk menghangatkan badan.

Chile-Fried Chicken Cubes - La Zi Ji

Chile-Fried Chicken Cubes – La Zi Ji. (tumblr)

Ada lagi makanan bernanam hot pot. Sesuai namanya hot pot berupa pot atau mangkok stainless panas yang di dalamnya berisi kaldu dengan beragam isian, mulai dari sayuran hingga bakso dan daging ayam serta udang. Tidak hanya di Cina, hot pot juga bisa dengan mudah ditemui di negara-negara Asia lainnya.

Hot Pot

Hot Pot. (detik)

Dari provinsi Sichuan ada makanan khas dengan bumbu lada dan cabai merah bernama mapo tofu. Terbuat dari daging babi yang digiling, kacang hitam, bawang putih dan green onions, mapo tofu banyak disukai karena rasa pedas menyengat sehingga dapat digunakan sebagai penghangat badan di musim dingin.

Mapo Tofu

Mapo Tofu. (detik)

Selanjutnya di Ningxia Hui juga terdapat makanan khas yang populer di musim dingin yaitu sup kambing atau yang dalam bahasa Cina disebut dengan nama Za Sui Tang. Daging kambing atau sapi akan direbus bersama dengan isi perutnya lalu diberi bumbu minyak dan cabai merah pedas plus ketumbar. Terakhir, dari provinsi Guangdou terdapat sup dengan nama Lao Huo Tang yang tak hanya nikmat namun juga menyehatkan dengan tambahan gojiberry di dalamnya.

Ragam Sajian Penghangat Badan Asal Cina,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: