Gunakan Bahan-bahan Ini Untuk Mengikuti Tren Makanan Hitam

Jakarta – Akhir-akhir ini sedang menjadi tren untuk membuat olahan makanan berwarna hitam legam, mulai dari kue hingga daging burger. Tren ini berawal dari digunakannya arang bambu. Bahan ini merupakan bahan alami serta sudah populer sebelumnya di Jepang. Penambahan bahan yang juga dikenal dengan nama bamboo charcoal ini akan membuat warna makanan menjadi hitam pekat alami. Namun, warna hitam ternyata bisa juga didapat dengan menggunakan bubuk cokelat supaya harganya lebih murah.

Pemakaian bubuk cokelat untuk mendapatkan warna hitam seperti yang biasa kita lihat pada biskuit Oreo. Jenis bubuk cokelat khusus yang digunakan adalah black cocoa powder atau superdark cocoa. Warnanya terlihat lebih gelap, sementara untuk rasa justru akan terasa lebih ringan atau kurang terasa cokelatnya jika dibandingkan dengan bubu cokelat biasa. Sehingga, superdark cocoa ini memang lebih difokuskan sebagai pewarna makanan alami.

Super Dark Cocoa atau Black Cocoa Powder Untuk Membuat Makanan Hitam.

Super Dark Cocoa atau Black Cocoa Powder Untuk Membuat Makanan Hitam. (kingarthurflour)

Diwartakan The Kitchn, bubuk cokelat juga nyaris tidak memiliki kandungan lemak di dalamnya. Dalam proses pembuatan, bubuk ini telah menetralisir asam sehingga tidak akan bereaksi jika ditambahkan baking soda. Alternatifnya, ganti baking soda dengan baking powder. Hal ini diungkapkan pula oleh Haryanto Makmoer selaku Chef dan Technical Service Manager di PT. Sinar Meadow Indonesia. Menurut Chef Haryanto, harga bubuk arang yang mahal bisa diganti menggunakan bubuk cokelat yang lebih murah serta sama-sama berwarna hitam.

“Charcoal itu mahal, sekilonya bisa tujuh ratus lima puluh ribu rupiah. Kalau mau yang murah bisa pakai cokelat yang hitam sekali seperti cokelat dari Afrika. Seperti yang biasa kita lihat di biskuit Oreo. Warnanya hitam tapi tidak ada rasa cokelat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Chef Haryanto menjelaskan jika harga bubuk cokelat jauh lebih murah dari arang hitam, yakni hanya enam puluh ribu rupiah per kilogramnya. Bubuk cokelat juga lebih mudah didapat di toko bahan kue. Namun, pemakaian bubuk cokelat ini dapat membuat hasil akhir kue menjadi agak kering. “Hasil pemakaian charcoal berbeda dengan cokelat. Kalau pakai cokelat jadi agak kering karena dia menyerap air. Kalau pakai charcoal jadi agak lembab,” imbuhnya.

Gunakan Bahan-bahan Ini Untuk Mengikuti Tren Makanan Hitam,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: