Microsoft Gandeng Code.org Bina Jutaan Siswa di Dunia Belajar Coding

Senin (16/11) Microsoft yang menggandeng perusahaan non-profit Code.org, membangun sebuah tutorial yang dapat digunakan oleh seluruh siswa didunia untuk mulai mencintai pemrograman komputer dasar melalui layaknya sebuah permainan game, namun sesungguhnya mereka harus menyusun blok-blok perintah untuk bisa menjalankannya.

Sebagai bentuk keseriusannya menjawab kebutuhan dunia, Microsoft telah mengakuisisi Minecraft sebesar $2.5 Miliar dari Mojang sebagai pengembang game yang berbasis di Swedia pada tahun 2014 lalu.

Hour to Code MineCraft

Hour to Code MineCraft (code.org)

Sebelumnya Hour of Code sudah diikuti oleh lebih dari 100 juta siswa dan di tahun ketiga ini akan dilaksanakan mulai 7-13 Desember ini sebagai bentuk kampanye yang diadakan oleh code.org di dalam acara Computer Science Education Week. Hour of Code sendiri adalah sebuah kegiatan yang mengenalkan ilmu komputer dasar berupa logika yang mudah untuk dipelajari dan diterapkan oleh siapa pun.

“Acara ini akan mengajak anak-anak di seluruh dunia menggunakan waktu 1 jam untuk belajar coding, dan dijamin akan meminta kembali” tutur Hadi Partovi, Pendiri code.org

Hour to Code Frozen Ana and Elsa

Hour to Code Frozen Ana and Elsa (Code.org)

Ada dua tutorial gratis yang sudah disediakan dengan tingkat yang berbeda untuk pengenalan awal. 14 tingkatan untuk Minecraft dan 20 tingkatan untuk Frozen Ana and Elsa. Pada tutorial ini siswa akan diajak untuk menguasai dasar ilmu logika dan pemrograman. Siswa mengklik dan menggeser blok kedalam area kerja untuk membentuk urutan perintah. Selanjutnya untuk melihat apakah perintah tersebut benar, siswa dapat klik “RUN” dan karakter akan melakukan perintah yang telah dibuat.

Code.org sebagai organisasi non-profit yang berdedikasi untuk memperluas pengetahuan dari ilmu komputer agar bisa digunakan oleh setiap sekolah, telah mendapatkan dukungan dari banyak pihak, diantaranya adalah beberapa Platinum Supporters seperti, Ballmer Family Giving, Infosys Foundation USA, Microsoft, Google, dan Omydyar Network, masing-masing memberikan donasi sebesar $3.000.000 sejak organisasi ini berdiri tahun 2013.

Microsoft Gandeng Code.org Bina Jutaan Siswa di Dunia Belajar Coding,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: