Prof Dr. Khoirul Anwar, Penemu 4G dan Pemilik Hak Paten Teknologi 4G

Anda pengguna 4G? Bagaimana kecepatan aksesnya? Internet dengan kecepatan tembus 150 Mbps ini cukup mengagumkan. Semua kebutuhan transfer data, video conference, akses internet semuanya menjadi lebih cepat dan mudah. Sekarang zamannya 4G, Semua operator seluler di Indonesia berlomba menawarkan teknologi ini kepada seluruh penggunanya.

Namun, tahukan siapa penemu dan pemilik paten untuk teknologi 4G? Beliau adalah Prof. Dr Khoirul Anwar dengan berbagai prestasi dibidang telekomunikasi asli dari Indonesia.

Dosen sekaligus peneliti yang bekerja di laboratoriom Information Theory and Signal Processing, di Japan Advanced Institute of Science and Technology ini terinspirasi dari film kesukaannya Dragon Ball, dimana saat Goku Mengunakan ilmu Genki Dama, semua kekuatan alam digabungkan menjadi satu menjadi bola energi yang cukup besar. Seperti di lansir dari laman bio.or.id

Prof Dr Khoirul Anwar dengan Turbo Equilizer

Prof Dr Khoirul Anwar dengan Turbo Equilizer (intriknews)

Suami dari Sri Yayu Indriyani ini akhirnya membuat sebuah terobosan dengan membuat sebuah Turbo Equalizer yang berfungsi menjaga sinyal dari interferensi sehingga sinyal dapat diterima tanpa distorsi atau ganguan. Dengan adanya Turbo Equalizer ini maka sinyal yang dikirim melalui nirkabel tidak lagi membutuhkan Guard Interval (GI).

Profile Prof Dr Khoirul Anwar

Prof Dr Khoirul Anwar Bersama Keluarga

Prof Dr Khoirul Anwar Bersama Keluarga (tribunnews)

Prof Dr Khoirul Anwar, Lahir di Kediri, 22 Agustus 1978 dari Pasangan Sudjianto (Alm) dan Siti Patmi. Khoirul Anwar memiliki seorang istri yang bernama Sri Yayu Indriyani dengan Tiga Putra dan Seorang Putri tercintanya.

Riwayat Pendidikan

  1. SD Negeri Juwet 2 (1990).
  2. SMP Negeri 1 Kunjang (1993).
  3. SMA Negeri 2 Kediri (1996).
  4. Lulusan terbaik Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di tahun 2000 dan selama pendidikannya beliau mendapatkan beasiswa penuh.
  5. Meraih Gelar Master pada tahun 2005 di Nara Institute of Science and Technology dengan beasiswa yang disiapkan oleh Panasonic.
  6. Mendapat Gelar doktor di tahun 2008 di Nara Institute of Science and Technology dan beasiswa dari sebuah perusahaan Jepang.

Penghargaan Besar yang beliau Raih.

  1. Atas penemuan Teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) tanpa Cyclic Prefix beliau mendapat Penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist pada IEEE Vehicular Technology Conference tahun 2010-Spring yang diselenggarakan pada 16-19 Mei 2010, di Taiwan. Dan penemuan in dipatenkan atas nama Prof Dr Khoirul Anwar.
  2. Penghargaan bidang Kontribusi Keilmuan Luar Negeri oleh Konsulat Jenderal RI Osaka pada tahun 2007
  3. Penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS)tahun 2006, di California.

Prof Dr. Khoirul Anwar, Penemu 4G dan Pemilik Hak Paten Teknologi 4G,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: