Mensos : Tak Ada Bantuan yang Dipotong Bangun Rumah Untuk PMKS Di Muara Enim

MUARA ENIM – Menteri Sosial Hj Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi langkah Bupati Muara Enim yang akan membangun rumah bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Bumi Serasan Sekundang. Rumah PMKS ini akan mulai didirikan pada 2016 dan merupakan yang pertama di Sumsel.

“Langkah yang disiapkan bupati ini patut dicontoh oleh daerah lain, virusnya harus menyebar sebagai bentuk solidaritas kesetiakawanan sosial,”ujar Khofifah pada puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Sumsel, di Lapangan Merdeka, Muara Enim, Jumat (20/11). Sedangkan puncak HKSN secara nasional akan digelar di Kupang pada 20 Desember nanti.

Kemensos juga mengapresiasi langkah yang sudah dirintis Pemkab Muara Enim, dengan membangun Kampung Siaga Bencana di Desa Ujanmas dan Kawasan Lingkungan Sosial Terpadu di Desa Kepur.

Dalam kesempatan itu, Kemensos juga memberikan berbagai bantuan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) kepada beberapa warga kurang mampu.

“Bantuan-bantuan sosial yang diberikan Kemensos kepada warga Muara Enim tidak ada yang dipotong. Sebab saya melihat di televisi kalau ada bantuan sosial yang dipotong, di Muara Enim tidak ada,”ucapnya.

Mensos juga mengukuhkan Komite Kesetiakawanan Sosial, Satgas Kesetiakawanan Sosial Muara Enim. “Dengan satgas ini, kita berharap tidak ada lagi warga miskin yang dilupakan, lansia yang ditelantarkan, warga cacat tak terlayani, serta warga yang dipasung,”jelas Khofifah didampingi Marsali SH M.Hum, Direktur Penanggulangan Kemiskinan Pedesaan Kemensos RI.

Lanjut Khofifah, perlu diperhatikan pula anak bermasalah dengan hukum (ABH). Para ABH sebaiknya tak lagi ditempatkan di Lapas, tapi di panti ABH yang dibangun Kemensos.

“Sebanyak 60-75 persen ABH timbul karena kekerasan dan korban pelecehan s*ksual,”tukasnya.

Dalam rangkaian HKSN di Muara Enim, Mensos juga menghadiri acara sunatan massal di Ponpes Rawdhotut Taufiq di Muara Enim, dan menghadiri 40 stan inovasi daerah Muara Enim di Gedung Kesenian Dayang Rindu.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan, pembangunan rumah PMKS merupakan yang pertama di Sumsel. “Rumah PMKS merupakan salah satu inovasi Kabupaten Muara Enim. Dibangun sebagai pusat pelayanan terpadu. Maka kami sangat berterima kasih atas bantuan Kemensos maupun Pemprov dari dana APBN dan APBD. Kita sudah siapkan lahan seluas lima hektar,” terang Muzakir.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengatakan, Pemprov Sumsel siap membantu pembangunan Rumah PMKS tersebut. “Apa yang dilakukan Bupati Muara Enim merupakan bentuk kegigihan. Ini prospek yang baik yang harus dicontoh kepala daerah lain. Ini modal mewujudkan Muara Enim yang¬† maju dan sejahtera,” terang Ishak yang juga menghadiri sidang paripurna ke-3 DPRD Muara Enim membahas HUT ke-69 Kabupaten Muara Enim. (Amr)

Mensos : Tak Ada Bantuan yang Dipotong Bangun Rumah Untuk PMKS Di Muara Enim,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: