Uang Palsu Beredar di Medan Jelang Pilkada

Medan – – Menjelang pemilihan umum kepala daerah atau Pilkada yang akan dilaksanakan sembilan belas hari mendatang di Kota Medan, ditemukan adanya uang palsu beredar. Uang palsu ini berupa pecahan lima puluh ribuan dan seratus ribuan. Peredaran uang palsu terutama di daerah Medan Barat. Diperkirakan bahwa peredaran uang palsu tersebut terkait dengan praktek politik bagi-bagi uang atau money politic.

Diungkapkan oleh seorang warga asal Kelurahan Karang Barombak di Medan Barat bernama Puput (50) yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang makanan. Saat ada orang yang berbelanja di warungnya, ia menemukan adanya uang pecahan lima puluh ribuan yang ternyata palsu. Ketika akan komplain kepada si pembeli, pembeli tersebut sudah pergi sehingga ia tidak bisa membelanjakan kembali uang palsu tersebut.

Cara Membedakan Uang Asli atau Palsu

Cara Membedakan Uang Asli atau Palsu. (vivanews)

Selain Puput ternyata masih ada lagi beberapa warga Medan Barat yang mengaku mengalami kejadian serupa. Semua ini diungkapkan pada acara dialog terbuka bersama calon Walikota Medan, Akhyar Nasution, yang diselenggarakan di Jalan Karya Setuju kota Medan Barat, hari Jumat (20/11/2015).

Selain itu, warga juga mengaku mereka tidak tahu apa bedanya uang palsu dengan uang asli. Sekilas, kedua alat pembayaran itu memang terlihat sangat mirip. “Kami tidak bisa membedakan mana uang asli dan mana uang palsu. Menurut kami semuanya sama saja terlihat seperti uang asli,” imbuhnya.

Di hadapan ratusan ibu-ibu serta bapak-bapak  Kelurahan Karang Barombak, calon Walikota Akhyar pun segera menanggapi keluhan tersebut. Menurutnya, peredaran uang palsu bisa dicurigai sebagai salah satu kampanye money politic atau politik bagi-bagi uang jelang Pilkada. Lebih lanjut, ia mengimbau supaya warga tidak mudah terbujuk rayu oleh politik uang. Calon Walikota Akhyar juga memberi tips membedakan antara uang palsu dengan uang asli.

Ada tiga cara membedakan uang palsu dan uang asli. Yaitu dilihat, warnanya pudar atau tidak. Setelah itu diraba, pada bagian gambar uang atau angka, menonjol atau tidak. Terakhir diterawang, ada gambar airnya atau tidak. Ibu-ibu jangan langsung menerima uang pembayaran, tapi harus dicek dulu,” ujarnya memberi pengertian.

Uang Palsu Beredar di Medan Jelang Pilkada,

Rating : 4.33 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: