Sumber Daya Perikanan Melimpah, Pemerintah Optimalkan Sektor Perikanan

Indonesia memiliki potensi sektor kelautan dan perikanan tertinggi di Asia Tenggara. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah kemudian gencar melakukan optimalisasi potensi sektor kelautan yang dimiliki sumber daya alam Indonesia. Menurut Nilanto Perbowo, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP atau Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa sumber daya ikan di ASEAN tidak ada yang bisa menandingi kekayaan sumber daya ikan di Indonesia.

Nilanto Perbowo yang ditemui pada Sabtu (21/11) dalam acara peringatan Harkannas atau Hari Ikan Nasional di Jakarta mengatakan bahwa industri pengolahan sumber daya perikanan di Indonesia masih kalah jauh dengan industri pengolahan produk perikanan di negara lain. Padahal kuantitas sumber daya perikanannya sudah sangat melimpah.

Potensi Sumber Daya Perikanan Di Indonesia Melimpah

Potensi Sumber Daya Perikanan Di Indonesia Melimpah. (ilustrasi: kemenperin)

Berdasarkan hal tersebut, Nilanto Perbowo menambahkan bahwa kini pemerintah tengah berusaha untuk menambah pihak investor di sektor pengolahan perikanan Indonesia dengan tujuan peningkatan daya saing produk. Untuk dapat memberikan perlindungan terhadap produk kelautan dan perikanan di Indonesia, pihak kementerian kelautan dan perikanan juga gencar melakukan konsultasi dengan kementerian perdagangan.

Usaha lain dalam optimalisasi sektor perikanan dan kelautan yang dilakukan pemerintah adalah dengan cara meningkatkan iklim usaha dan ekonomi masyarakat. Program ini terwujud melalui adanya pembiayaan untuk nelayan dan ukm atau usaha kecil menengah yang berkaitan dengan sektor perikanan di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut sekjen KKP, Syarief Widjaja, salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi pada sektor UKM perikanan adalah adanya akses modal dan informasi yang minim, usaha tidak stabil karena bergantung pada kondisi cuaca, hingga kepercayaan lembaga keuangan daerah yang terbilang cukup rendah.

Untuk  mengatasi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan beberapa usaha penguatan modal untuk ukm sektor perikanan, seperti melalui KUR atau kredit usaha rakyat KUR, KKPE atau kredit ketahanan pangan dan energi, bantuan penguatan modal untuk pelaku usaha kecil, hingga wirausaha pemula. Untuk itu dengan diluncurkannya beragam kebijakan pemerintah berkaitan dengan sektor perikanan ini, diharapkan akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi yang kemudian bisa mengoptimalkan produk perikanan dalam negeri.

Sumber Daya Perikanan Melimpah, Pemerintah Optimalkan Sektor Perikanan,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: