Warga Air Lintang Muara Enim Bayar Raskin dengan Sampah

MUARA ENIM – Program bayar beras miskin (raskin) dengan sampah di Kelurahan Air Lintang Kecamatan Muara Enim berhasil masuk 10 besar dari 79 program inovasi daerah Kabupaten Muara Enim.

Lurah Air Lintang, Lilis Murayani S.Stp. MSi mengatakan, program ini merupakan upaya untuk turut andil mewujudkan visi misi Kabupaten Muara Enim yakni SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera). “Meski alokasi dana untuk kelurahan terbilang minim, tak berarti kita harus berpangku tangan,” kata Lilis.

Menurut Lilis, salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan di wilayahnya adalah sampah. Dia tak ingin sampah menjadi masalah di wilayahnya. “Kita berupaya merubah pandangan masyarakat, bahwa sampah bisa menjadi berkah dan bernilai ekonomi. Misalnya untuk membayar raskin,” papar Lilis.

warga tukar raskin dgn sampah

Warga tukar raskin dgn sampah.

Menurutnya, jika selama ini masyarakat membayar raskin dengan uang tunai, di Kelurahan Air Lintang, masyarakat tak perlu mengeluarkan uang tunai, cukup membayar dengan sampah,” ujarnya.

Dia menambahkan jika selama ini kebersihan dan kesehatan menjadi tugas instansi terkait, dengan program ini masyarakat melalui petugas bank sampah turut berperan aktif membantu instansti terkait.

“Kita sudah ada petugas pengelola Bank Sampah yang dibentuk melalui SK Lurah. Kita juga telah membuar tempat pemilahan sampah terpadu,” terangnya.

Lilis menuturkan, pihaknya juga telah mendaftarkan 131 RTS raskin menjadi nasabah Bank Sampah. “131 RTS ini, selain sebagai anggota, mereka juga sebagai pengelola Bank Sampah,” ujarnya.

Lilis menegaskan, inovasi adalah kebutuhan. Terutama untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. “Mengatasi masalah tidak harus dengan uang atau anggaran yang besar. Tetapi bisa juga dengan memberdayakan potensi yang ada,” ungkap Lilis.

Lilis berharap, inovasi bisa direplikasi di wilayah lain. “Bisa dalam bentuk yang berbeda, misalnya untuk bayar listrik, PAM dan lain-lain,” pungkasnya.(amr)

Warga Air Lintang Muara Enim Bayar Raskin dengan Sampah,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: