Nasional

Akses Air Bersih Bagi Masyarakat Pedesaan di Muara Enim Lampaui MDGs

MUARA ENIM – Air adalah sumber kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karena itu pengembangan dan pengelolaan sumber daya air merupakan suatu keharusan.

Terkait dengan penyediaan air bersih itu, Pemkab Muara Enim melaksanakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dicanangkan pemerintah pusat sejak 2008.

Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Muara Enim, Ramlan Suryadi MM mengatakan, program Pamsimas tersebut merupakan wujud nyata pembangunan sarana dan pengelolaan sumber daya air untuk kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Muara Enim, Ramlan Suryadi MM
Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Muara Enim, Ramlan Suryadi MM.

Hingga 2015, pencapaian akses air bersih di Muara Enim telah melebihi target MDGs. Ini dirasakan sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Bahkan, program inovasi Pamsimas yang direflikasi Cipta Karya Muara Enim ini menjadi tujuan studi banding daerah lain. Sehingga sangat wajar jika program inovasi ini meraih penghargaan sebagai salah satu prgram inovasi terbaik.

“Dengan terus berjalannya program reflikasi ini diharapkan target air bersih pedesaan di Kabupaten Muara Enim pada tahun 2019 mencapai 100 persen,” ucap Ramlan.

Saat memulai program tersebut pada 2010, akses cakupan air bersih di pedesaan di Kabupaten Muara Enim baru mencapai 46,30 persen. Namun, melalui pola pemberdayaan, teknik, kualitas dan peningkatan serta memperluas cakupan layanan akses air bersih, Dinas PU Cipta Karya berinovasi me-reflikasi program tersebut sampai sekarang. Dimana sampai tahun 2015 telah mencapai lebih dari 76,50 persen yang melebihi MDGs. (amr).

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Akses Air Bersih Bagi Masyarakat Pedesaan di Muara Enim Lampaui MDGs". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!