Ketan Susu Tan-Shu, Kuliner Tradisional Yang Sedang Populer Di Balikpapan

Siapa tak kenal sajian kuliner ketan susu? Racikan makanan tradisional khas Indonesia ini ternyata bisa menjadi sajian populer dengan kombinasi resep yang tepat. Ketan susu atau biasa dikenal dengan sebutan Tansu ini bisa ditemui di banyak daerah di Indonesia, seperti di Bandung, Tasikmalaya, Jakarta, hingga ke Balikpapan. Salah satu kedai Tansu yang paling populer di Balikpapan adalah kedai Tan-Shu yang berlokasi di Pasar Segar, Sungai Ampal, Balikpapan.

Menurut penuturan pemiliknya, Dimas Pamungkas mengungkapkan bahwa kedai Tan-Shu yang ia bangun terinspirasi dari tren dan popularitas ketan susu di Jakarta. Ia menambahkan bahwa awalnya ia hanya coba-coba membuat ketan sendiri, namun ternyata ketan yang ia buat mendapatkan respon baik dari pembeli sehingga kemudian ia membangun kedai Tan-Shu dan hingga kini kedai tersebut kian ramai oleh pembeli.

Ketan Susu Tan-Shu

Ketan Susu Tan-Shu, Kuliner Tradisional Di Balikpapan, Kalimantan. (tribunkaltim)

Tak jauh beda dengan sajian Ketan Susu pada umumnya, ketan susu Tan-Shu merupakan paduan antara ketan kukus yang begitu pulen, dengan susu kental manis yang lezat. Tidak hanya menyajikan sajian tradisional yang sederhana saja, Tan-Shu juga memberikan sedikit sentuhan inovasi baru pada sajian masakan yang disediakan, yakni dengan disediakannya toping aneka rasa untuk ketan susu yang tentu semakin membuat konsumen tertarik untuk mencicipi sajian lezat ini. Toping yang tersedia sangat variatif, diantaranya adalah ketan susu original, ketan susu toping cokelat, ketan susu toping keju, ketan susu srundeng, ketan susu rainbow, dan lain-lain.

Dengan beragam sajian toping ketan susu yang tersedia di kedai Tan-Shu ini, salah satu sajian yang menjadi rekomendasi adalah ketan susu toping siram spesial. Berbeda dengan sajian ketan susu yang biasa disajikan dalam keadaan masih hangat, tansu siram spesial ini disajikan dengan tambahan es batu.

Cara pembuatan ketan susu siram spesial, pertama ketan yang sudah matang dikukus kemudian diangkat dan dituang kedalam mangkuk. Bagian topingnya, tambahkan susu kental, sirup, es batu, dan jeli. Untuk harga, ketan susu Tan-Shu dibanderol dengan harga terjangkau yakni 15 ribuan saja.

Ketan Susu Tan-Shu, Kuliner Tradisional Yang Sedang Populer Di Balikpapan,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: