Empat Makanan Ini Bantu Turunkan Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi memang merupakan penyakit yang umum ditemukan pada orang dewasa. Namun ternyata, banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terkena hipertensi. Pencegahan sedari dini perlu untuk dilakukan, antara lain dengan cara menerapkan pola hidup sehat, terutama pola makan.

Beberapa item makanan ternyata dinilai mampu membantu menurunkan hipertensi. Memasukkan keempat item makanan ini dalam daftar menu akan sangat membantu, di samping melakukan manajemen stress, konsumsi air putih yang cukup, istirahat cukup serta olahraga teratur. Dikutip dari TimesofIndia pada Senin (23/11/2015), berikut adalah empat makanan yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi ).

Yang pertama adalah bayam. Nutrisi sehat yang terkandung dalam sayuran hijau ini sangat baik untuk jantung. Bayam juga rendah kalori dan memiliki kandungan serat tinggi. Makanan favorit Popeye ini juga mengandung folat, kalium serta magnesium yang semuanya terbukti mampu menjaga serta menurunkan tekanan darah.

Kedua ada ubi jalar. Umbi manis yang satu ini memiliki kandungan kalium. Kalium terutama berguna untuk menjaga agar kadar natrium tetap rendah. Dengan cara demikian maka tekanan darah juga akan terdorong supaya rendah pula. Singkatnya, konsumsi ubi jalar dapat menurunkan tekanan darah.

Ketiga adalah kacang-kacangan seperti kacang hitam ataupun kacang merah. Konsumsi kacang merupakan cara terbaik dalam menambah konsumsi serat larut, kalium serta magnesium. Semua nutrisi di atas sangat baik dalam meningkatkan kesehatan serta menurunkan hipertensi.

Terakhir adalah biji bunga matahari. Makanan yang satu ini merupakan sumber vitamin E, protein, asam folat serta serat. Tidak hanya menurunkan tekanan darah, konsumsi makanan ini juga mampu menyehatkan jantung. Lebih lanjutnya, biji bunga matahari mampu mengeluarkan peptida di mana peptida ini menghambat adanya produksi enzim yang mampu meningkatkan tekanan pada darah.

Penderita hipertensi dapat mulai mengkonsumsi keempat makanan tersebut sebagai kudapan sehari-hari guna menurunkan hipertensi serta menjaga agar tekanan darah tidak lagi menjadi tinggi. Barengi konsumsi makanan-makanan tersebut dengan olahraga teratur serta istirahat yang cukup akan meningkatkan kesehatan tubuh.

Empat Makanan Ini Bantu Turunkan Hipertensi,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: