Kuil Yasukuni di Jepang Meledak, Diduga Dilakukan Secara Sengaja

Tokyo – Ledakan terjadi di Kuil Yasukuni yang terletak di ibukota Jepang, Tokyo, pada pagi hari Senin (23/11/2015) waktu setempat. Kuil Yasukuni sendiri biasa digunakan sebagai tempat penghormatan untuk arwah pejuang yang meninggal dunia semasa perang. Dikutip dari AP, petugas pemadam kebakaran segera datang ke lokasi guna memadamkan api sebagai akibat dari kebakaran tersebut.

Menurut penuturan pejabat petugas pemadam kebakaran Tokyo, ledakan yang terjadi pada kuil merusak tembok serta atap pada kamar mandi di kuil tersebut. Ditambahkan olehnya, penyebab pasti dari kebakaran tersebut belum diketahui. Akan tetapi salah satu media massa di Jepang mencurigai adanya unsur kesengajaan terkait insiden tersebut.

Kuil Yasukuni di Jepang Meledak

Kuil Yasukuni di Jepang Meledak. (japantimes-kyodo)

Media Jepang tersebut menjelaskan bahwa polisi menemukan adanya kabel serta baterai yang dicurigai sebagai bagian dari rangkaian sebuah bom. Polisi setempat masih akan melakukan penyelidikan melalui rekaman CCTV guna mencari tahu sebenarnya apa atau mungkin siapa yang mengakibatkan ledakan itu.

Namun, kepolisian Tokyo menolak memberi keterangan lebih lanjut maupun komentar terkait ledakan di Kuil Yasukuni ini. Jika benar ditemukan adanya unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu, maka kepolisian Tokyo serta pemerintah setempat wajib untuk meningkatkan kewaspadaan. Bukan tidak mungkin jika Tokyo atau kota lainnya di Jepang menjadi sasaran teroris berikutnya pasca insiden bom bunuh diri serta serangkaian penembakan di Paris.

Kuil Yasukuni di Tokyo sendiri tidak hanya digunakan sebagai tempat penghormatan untuk arwah pejuang yang gugur di medan perang, namun juga tempat penghormatan arwah penjahat perang. Sehingga, tidak mengherankan jika kuil ini dianggap kontroversial terutama oleh negara tetangga Jepang yakni Korea dan China.

Selain insiden ledakan di Kuil Yasukuni, sebelumnya juga terjadi insiden helikopter jatuh di Annaka, Prefektur Gunma, Jepang. Lokasi jatuhnya helikopter ini berada pada sebuah bukit dekat jalan raya. Helikopter pribadi tersebut berangkat dari Tokyo di hari Minggu (22/11/2015) pagi waktu setempat menuju Nagano, namun kecelakaan dan terjatuh di Annaka. Jubir kepolisian Prefektur Gunma mengatakan bahwa kedua penumpangnya dilaporkan tewas.

Kuil Yasukuni di Jepang Meledak, Diduga Dilakukan Secara Sengaja,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: