Jepang Promosikan Makanan Halal di Indonesia

Jakarta – Berbagai perusahaan Jepang mulai beramai-ramai mengajukan sertifikasi produk halal. Promosi makanan berlabel halal pun digalakkan oleh pemerintah Jepang. Salah satunya dilangsungkan di AEON Mall BSD pada akhir pekan lalu. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (MAFF) Jepang.

Beragam produk makanan serta sajian khas Negeri Sakura tersebut dipamerkan di BSD City selama dua hari pada 21 hingga 22 November 2015. Selain memamerkan sejumlah produknya yang sudah terbukti halal, MAFF juga mempromosikan kuliner khasnya yang bagi masyarakat Indonesia pasti sudah banyak dikenal.

Promosi Makanan Halal Jepang Di Indonesia

Promosi Makanan Halal Jepang Di Indonesia. (detik-MAFF)

Stand untuk pameran ini berlokasi di groundfloor supermarket AEON. Acara berlangsung mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Berbagai produk makanan Jepang dipromosikan di sini, mulai dari bumbu, makanan hingga minuman. Beberapa produk halal MAFF meliputi bumbu esktrak kelp, ekstrak bonito, bumbu umami, miso hingga mayones.

Produk makanan segar yang dipamerkan mulai dari daging hingga beberapa jenis konveksi seperti permen dan kue tart ubi. Minuman yang tersedia antara lain adalah susu fermentasi serta minuman kesehatan. Produk lainnya meliputi emulsifier, aditif makanan, makanan instan hingga kolagen serta DHA sebagai pangan fungsional.

Beberapa perusahaan makanan asal Jepang memang tengah berupaya untuk mendapat sertifikasi ini supaya pasar mereka meluas hingga negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia. Pemerintah Jepang menilai jika makanan halal akan menyentuh pasar yang lebih besar.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Asosiasi Halal Jepang, apda tahun 2010 sendiri sudah terdapat empat belas aplikasi pengajuan makanan halal yang diterima. Kemudian pada 2011, telah semakin banyak pengajuan sertifikasi yang mereka terima. Hingga kini, sudah lebih dari seratus perusahaan makanan Jepang yang tengah dalam proses mendapatkan sertifikasi.

Pemerintah Jepang pun berupaya untuk melakukan edukasi pada perusahaan untuk mengajukan sertifikasi halal ini. Melalui pameran yang diadakan di AEON Mall, makanan Jepang dengan sertifikasi halal bisa semakin dipromosikan supaya masyarakat khususnya konsumen Muslim dapat memilih bahan makanan yang sesuai untuk mereka tanpa melanggar ketentuan agama.

Jepang Promosikan Makanan Halal di Indonesia,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: