Lampung Akan Jadi Pusat Budaya Bambu

Kabupaten Pringsewu yang terletak di provinsi Lampung, Sumatera Selatan, akan siap tampil secara internasional. Pasalnya, kabupaten ini akan segera dijadikan sebagai pusatnya kebudayaan bambu. Pringsewu sendiri memang sudah sangat identik dengan bambu. Bahkan, nama Pringsewu sendiri memiliki arti “seribu bambu” dalam Bahasa Jawa. Dinamai demikian, konon karena Pringsewu memang dikenal sebagai tempat pelestarian bambu.

Bagi masyarakat Pringsewu, bambu sangat lekat dengan keseharian mereka. Bambu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat mulai dari pangan, peralatan yang berhubungan dengan kesenian sampai dengan penggerak roda perekonomian masyarakat. Pringsewu bahkan memiliki sebuah tempat yang difokuskan sebagai pembibitan bambu supaya tanaman tersebut dapat tetap lestari.

Pringsewu Kota Bambu, Tujuan Wisata di Lampung

Pringsewu Kota Bambu, Tujuan Wisata di Lampung.

Peresmian Pringsewu sebagai pusat kebudayaan tanaman bambu diungkapkan oleh Sujadi selaku Bupati Pringsewu pada Senin (23/11/2015) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. “Pringsewu akan jadi pusat kebudayaan untuk tanaman bambu serta hutan raya khusus tanaman bambu,” jelasnya.

Selain itu, Pringsewu juga turut dijadikan sebagai lokasi wisata bambu. Tentu saja, bambu akan menjadi daya tarik wisatawan yang paling utama pada lokasi wisata ini nantinya. “Di situ nantinya akan dibangun wisata bambu dan lain-lain,” terang Sujadi. Dirinya juga menambahkan, akan dibangun museum bambu dengan konsep hutan raya untuk menarik minat masyarakat.

Baca juga : Di Usia 21 Tahun, Pemuda Ini Sudah Kunjungi 107 Negara.

“Pringsewu bisa jadi tujuan wisata bertema bambu di Indonesia. Kita akan siapkan sebuah museum bambu berisi segala hal tentang bambu. Selain itu, kerajinan bambu juga masih menjadi daya tarik,” pungkasnya. Keunggulan pada tanaman bambu ini jelas menjadi bekal potensi wisata yang dimiliki oleh Pringsewu dan Lampung pada umumnya. Diharapkan, adanya museum bambu akan menjadi tujuan wisata ikonik selanjutnya dari Provinsi Lampung.

Pringsewu juga akan menjadi tuan rumah pada acara Festival Bambu Nusantara yang digelar pada tanggal 26 sampai dengan 29 November 2019 mendatang. Festival ini merupakan yang kesembilan kalinya digelar di Indonesia serta kedua kalinya dihelat di Lampung. Festival Bambu Nusantara akan menjadi sebuah ajang perkenalan tanaman bambu serta beragam manfaatnya kepada para pengunjung.

Lampung Akan Jadi Pusat Budaya Bambu,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: