Budidaya Ikan Tanpa Pakan Jadi Juara

MUARA ENIM – Budidaya ikan tanpa pakan yang dikembangkan oleh Abdil Musadat (29), warga Jl Tembesu Kecamatan Muara Enim menyabet juara pertama dalam gelar lomba teknologi tepat guna tingkat Kabupaten Muara Enim, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Selasa (24/11).

Hasil temuan Abdil ini mewakili Kecamatan Muara Enim dengan menyisihkan hasil temuan teknologi tepat guna dari kecamatan lain di bumi Serasan Sekundang.

Abdil mengatakan, tekonologi yang dia hasilkan ini merupakan bentuk aplikasi penggunaan organisme senyawa yang diuraikan atau difermentasi. “Artinya ikan yang dipelihara dapat hidup tanpa harus diberi pakan yang biasa dilakukan. Konsepnya ikan layaknya hidup di dalam sungai dengan mendapatkan makanan dari limbah organis yang difermentasi dengan formula F2G (Fharjun Farem Group). Setelah limbah organik diformulasikan, akan membentuk mikroorganisme membentuk jasad renik yang jadi sumber makanan ikan,” ujar Abdil.

Foto Abdil yang Meraih Juara Satu Lomba Teknologi Tepat Guna

Foto Abdil yang Meraih Juara Satu Lomba Teknologi Tepat Guna

Dengan menggunakan Teknologi Biofloc menghasilan ikan sebanyak 1.500-2000 ikan di lahan kolam hanya 2×4 meter.

“Hasil ikan bisa empat kali lipat dibanding jika diberi pakan biasa. Sebanyak 1 ton bisa dihasilkan di lahan 2×4 meter saja, tidak perlu menebar pakan lagi,”jelasnya Menurutnya, hasil teknologi ini diharapkan bisa diterapkan di semua kecamatan di Muara Enim. “Kecamatan Tanjung Agung mulai melirik teknologi ini untuk diterapkan di 26 desa. Saya harap bisa diikuti di kecamatan lain,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar berharap, hasil teknologi tepat guna ini bisa terus dikembangkan. “Jangan berhenti sampai di sini saja, bahkan bisa terus dikembangkan,” ujar Muzakir.

Sebanyak 22 Kecamatan di Muara Enim menampilkan teknologi tepat guna andalan masing-masing. Bupati mengapresiasi penerapan teknologi tepat guna ini untuk meningkatkan kesejahteraan warga. “Pemenang teknologi tepat guna ini akan mewakili Muara Enim untuk tingkat provinsi,”pungkasnya (amr)

Budidaya Ikan Tanpa Pakan Jadi Juara,

Rating : 4.33 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: