Benarkah Menyimpan Tanaman Dalam Rumah Bisa Menyehatkan?

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah memang mampu menyegarkan mata. Namun apakah tanaman tersebut terbukti menyehatkan, itu adalah urusan lain. Beberapa penelitian memang menyatakan bahwa ada keterkaitan antara alam serta lahan hijau dengan peningkatan kesehatan baik mental maupun fisik. Akan tetapi pada tanaman dalam ruangan, bukti yang ada lebih lemah dibanding dengan adanya lahan hijau di luar ruangan.

Sebagaimana diketahui, tanaman mampu menyerap gas CO2 atau karbon dioksida serta melepaskan O2 atau oksigen. Studi NASA pada 1989 membuktikan bahwa tanaman hias beserta sistem akarnya mampu menyerap polutan yang ada dalam ruangan, di antaranya formaldehida serta benzena.

Akan tetapi, tanaman dalam ruangan dinilai tidak memiliki dampak signifikan terhadap kualitas udara. Seperti diungkapkan oleh Thomas Whitlow dari Cornell University, hal ini karena tanaman justru dapat menghasilkan alergen yang menyebabkan respon imun lumayan parah pada sebagian orang.

Namun, sejumlah studi kecil ternyata membuktikan adanya manfaat kesehatan dari keberadaan tanaman dalam ruangan. Studi di Norwegia pada 1998, contohnya, membuktikan bahwa pekerja kantor yang di dalam ruangannya terdapat tanaman hijau akan memiliki keluhan kesehatan yang lebih sedikit seperti batuk, kelelahan, gatal serta tenggorokan kering.

Tanaman Didalam Ruangan

Ilustrasi: Tanaman Didalam Ruangan. (btnproperti)

Studi lain di Inggris dan Belanda membuktikan bahwa para karyawan yang bekerja di gedung dengan tanaman di dalamnya relatif lebih produktif, fokus, serta memiliki tingkat kepuasan kerja lebih tinggi jika dibandingkan dengan karyawan yang dalam gedung tempatnya bekerja tidak terdapat tanaman apa pun.

Diwartakan oleh New York Times pada Rabu (25/11/2015), dari dua uji coba secara acak menyatakan bahwa pasien rumah sakit yang di dalam kamar rawat inapnya dilengkapi dengan tanaman akan memiliki rasa stres yang lebih sedikit dibandingkan pasien tanpa tanaman dalam kamar rawat inapnya.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Sebagian besar pasien dengan tanaman dalam kamar itu juga dilaporkan memiliki tekanan darah yang lebih rendah, puas dengan pelayanan rumah sakit serta merasa lebih positif. Salah satu penelitian yang dilakukan bahkan membuktikan bahwa penggunaan obat pereda rasa sakit bisa lebih sedikit pada pasien yang kamarnya dilengkapi dengan tanaman.

Benarkah Menyimpan Tanaman Dalam Rumah Bisa Menyehatkan?,

Rating : 4.55 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: