Demonstran Serbu Kedutaan Turki di Moscow, Pasca Sukhoi SU-24 di Tembak Jatuh

Moskow – Kedutaan Turki yang berada di Kota Moskow, Rusia, diserbu para demonstran. Sejumlah demonstran ini mengungkapkan kekecewaan serta kemarahan menyusul adanya insiden penembakan pada pesawat Sukhoi Su-24 milik Rusia yang dilakukan oleh jet tempur negara Turki saat pesawat tersebut tengah melintasi Suriah.

Demonstran juga menuntut pihak Pemerintah Turki untuk melakukan pertanggungjawaban atas peristiwa tersebut. Dilaporkan bahwa seorang pilot pesawat tewas akibat terjatuh dan seorang marinir juga tewas ketika sedang melakukan evakuasi. Menurut salah seorang demonstran, sebagaimana dilaporkan oleh TASS pada Rabu (25/11/2015), merasa marah dan menutut otoritas pemerintah Turki untuk bertanggungjawab.

Pendemo yang lain berpendapat bahwa tindakan Turki yang menembak pesawat Rusia dinilai sebagai sebuah tindakan agresi serta sangat provokatif. Sehingga, menurutnya, pemerintah Rusia harus mengambil langkah tegas untuk membalas. Dikabarkan kemudian bahwa pemerintah Rusia tidak tinggal diam atas kejadian ini.

Demonstrasi di Gedung Kedutaan Turki yang Berada di Moscow

Demonstran Serbu Kedutaan Turki di Moscow. (rt.com)

Respon yang diberikan Pemerintah Rusia terkait insiden ini adalah mengirim kapal perang dengan persenjataan lengkap menuju perairan Latakia. Pemerintah Rusia juga memutus semua kontak yang berhubungan dengan Turki terutama kontak militer, serta merencanakan sejumlah pembatalan terkait proyek kerja sama.

Lebih lanjut, ketegangan antar dua negara ini berpotensi akan menimbulkan konflik bersenjata. Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyebut jika Turki bakal mengalami dampak sangat serius sebagai akibat dari insiden penembakan ini.

Sukhoi Su-24 milik Rusia diberitakan terkena rudal yang berasal dari jet tempur milik Turki dari jarak satu kilometer di batas wilayah Turki. Jet tersebut jatuh pada jarak sekitar empat kilometer dari daerah perbatasan Turki. Rusia mengklaim jika jet tempur mereka masih jatuh di wilayah Suriah. Inilah yang membuat Rusia berang dan menyatakan jika Turki sengaja menembak jatuh pesawat Su-24 tersebut.

Di lain pihak, Turki menyatakan jika alasan mereka menembak jatuh Su-24 Rusia adalah karena jet tempur tersebut telah melanggar batas wilayah kedaulatan Turki. Rusia kembali berdalih jika jet tempurnya tengah dalam misi untuk pemberantasan teroris yang berada di wilayah udara negara Suriah. Hal ini, menurut Rusia, bisa dibuktikan dari data-data radar serta satelit Angkatan Udara Rusia.

Demonstran Serbu Kedutaan Turki di Moscow, Pasca Sukhoi SU-24 di Tembak Jatuh,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: