30 Warga Dilatih Jadi Kader BPJS Ketenagkerjaan

MUARA ENIM – Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Nolly Noer Amien mengungkapkan, sebanyak 1.710 perusahaan yang aktif membayar iuran. Untuk peserta BPJS yang aktif sebanyak 44.905 orang dari 12 kabupaten/kota di bawah BPJS Cabang Muara Enim.

“Tapi masih banyak juga yang tidak aktif bayar,” kata Nolly di sela-sela kegiatan pelatihan 30 kader BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Enim, di Hotel Grand Zuri, Kamis (26/11). Pelatihan kader BPJS Ketenagakerjaan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari ini, tanggal 26 – 27 November 2015.

Dari 1 Januari 2015 sampai dengan 26 November 2015, untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan mengklaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 8.604 kasus, dengan klaim mencapai Rp 57 miliar. Jaminan Kecelakaan Kerja sebanyak 149 orang dengan klaim Rp 2,9 Miliar. Jaminan kematian sebanyak 120 orang dengan klaim Rp 244 Juta. “Untuk jaminan pensiun belum ada klaim karena masih baru,” ujarnya.

Pelatihan 30 Kader BPJS Ketenagakerjaan

Pelatihan 30 Kader BPJS Ketenagakerjaan di Grandzuri Muara Enim

Dijelaskan Nolly, pelatihan bagi kader ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang BPJS Ketenagakerjaan. “Sebab maindset masyarakat, cuma ada BPJS Kesehatan saja. Padahal ada BPJS Ketenagakerjaan, dan tidak melulu pada masyarakat yang bekerja, peserta yang punya usaha sendiri bisa daftar BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Dijelaskan, sampai saat ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar sebanyak 38-40 juta penduduk di Indonesia. Masih jauh kecil dari pada peserta BPJS Kesehatan yang mencapai 100 juta lebih. “Maka kader BPJS Ketenagakerjaan punya tugas untuk menyampaikan pada masyarakat untuk bergabung menjadi peserta,” ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muara Enim Drs. M. Ali Rahman melalui Sekretaris Eddy Marhan Jaya mengatakan, pihaknya siap bermitra dengan BPJS Ketenagakerjaan. “Kita back up kader BPJS ini untuk mengawal, jika ada temuan di lapangan ada perusahaan yang tidak mendaftarkan peserta BPJS. Apalagi ada hak karyawan yang tidak dipenuhi,” pungkasnya (amr)

30 Warga Dilatih Jadi Kader BPJS Ketenagkerjaan,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: