Gadget Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Jika anak usia balita sudah mulai betah untuk duduk berlama-lama menatap gadget nyaris sepanjang hari, maka sudah sepantasnya orangtua khawatir serta cemas. Kecanduan gadget kini bisa terjadi sejak usia dini, apalagi dengan adanya perkembangan teknologi di mana beberapa perangkat canggih diciptakan khusus untuk anak.

Orangtua yang bijak seharusnya tidak berlama-lama membiarkan anaknya bermain gadget, karena hal ini bisa berlanjut sampai dengan ia dewasa. Kecanduan gadget memiliki beragam efek buruk, mulai dari manajemen waktu yang berantakan, masalah kesehatan terutama pada otak, hingga yang terbaru adalah munculnya nomophobia yaitu ketakutan tidak memegang ponsel. Berikut adalah sederet bahaya yang mengintai jika anak kecanduan gadget.

Anak-anak Cenderung Menyukai Gadget

Anak-anak Cenderung Menyukai Gadget. (boldsky.com)

Yang pertama adalah perkembangan bahasa. Anak-anak yang cenderung banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget akan memiliki kemampuan bicara yang terhambat jika dibandingkan dengan anak yang tidak sering bermain gadget. Perbendaharaan kata akan menjadi sedikit. Padahal, anak justru seharusnya dilatih berbicara sejak usia dini.

Bahaya kedua adalah munculnya masalah terkait berat badan. Anak yang nyaman menatap layar gadgetnya, akan menjadi malas bergerak. Kemampuan motorik mereka menjadi tidak terlatih. Akibat yang timbul adalan mereka bisa menjadi kegemukan dan tidak menutup kemungkinan akan berujung pada obesitas.

Kemudian, balita yang kecanduan gadget dapat pula mengalami masalah pada pertumbuhan otaknya. Balita yang terlalu sering menatap layar gadget cenderung akan memiliki tatapan kosong. Seharusnya anak usia dini lebih banyak berinteraksi dengan orang lain supaya otaknya makin berkembang. Anak juga harus dilatih untuk merespon setiap rangsangan yang mereka dapatkan untuk mengasah kemampuan dalam bidang sosial.

Bahaya terakhir yang mengintai balita kecanduan gadget adalah pola tidur yang tidak beraturan. Membiarkan anak untuk terus-terusan bermain gadget akan membuat pola tidur terganggu karena cahaya yang memancar dari perangkat mampu merusak kesehatan organ mata.

Melihat semua bahaya tersebut di atas, sudah seharusnya orangtua membatasi pemakaian gadget pada anak-anak. Atau, jika diperlukan, jangan sama sekali memberikan gadget pada anak sampai ia berada pada usia yang cukup untuk mengerti tentang bahayanya terlalu sering bermain gadget

Gadget Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: