Presiden RI Akan Hadiri Tujuh Acara di Paris

Paris – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi telah dijadwalkan akan menghadiri sebanyak tujuh acara di Paris terdapat dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Conference of Parties (COP) 21. Hal ini diungkapkan oleh Retno Marsuadi selaku Menlu. “Presiden akan menghadiri tujuh acara. Acara pertama adalah partisipasi aktif beliau dalam event leader,” ucapnya di Paris.

Ditambahkan Retno, khusus untuk leaders event atau pertemuan antar kepala negara ini akan berlangsung satu hari saja yaitu pada Senin, 30 November 2015. “Selanjutnya ada negosiasi sampai dengan tanggal 11 Desember mendatang. Pelaksanaan leaders event ini memiliki maksud untuk memberikan dorongan politik atau political boost terhadap adanya negosiasi supaya penyelenggaraan Conference of Parties ini bisa sukses,” imbuh Retno.

Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno dalam acara COP21 di Paris (REUTERS)

Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno dalam acara COP21 di Paris. (REUTERS)

Selain leaders event, masih ada pertemuan bilateral bersama dengan empat negara yaitu Norwegia, Belanda, Rusia dan Serbia. Retno mengatakan jika pihaknya masih mengusahakan untuk bertemu dengan Rusia. Usai pertemuan bilateral ini, Presiden Jokowi masih akan disibukkan dengan dua acara lain di luar COP 21 yaitu acara Mission Innovative. Acara ini khusus membahas mengenai energi yang dapat diperbarui.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Conference of Parties (COP) 21 di Paris

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Conference of Parties (COP) 21 di Paris. (cop21)

Mission Innovative sendiri akan dihadiri oleh enam belas negara. Salah satu orang yang akan turut berpartisipasi dalam acara ini adalah bos Microsoft asal Amerika Serikat, Bill Gates. Acara selanjutnya yang akan dihadiri Presiden yaitu Forest and Climate Change. Event ini dihadiri oleh beberapa negara di antaranya Prancis, Brazil dan Norwegia. Sesuai namanya, event ini diikuti oleh negara-negara dengan hutan yang luas serta berkomitmen akan adanya pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Presiden bertolak menuju ibukota Prancis tersebut bersama dengan ibu negara Iriana Widodo. Keduanya tiba di Bandara Le Bourget sekitar pukul sepuluh malam waktu setempat serta disambut oleh Dubes RI untuk Prancis, Hotmangaraja Panjaitan. Diberitakan pula bahwa Presiden langsung menuju Hotel Westin di Paris. KTT Perubahan Iklim dinilai penting bagi Indonesia karena negara ini terdiri dari belasan ribu pulau sehingga apabila terjadi perubahan iklim maka hal tersebut dapat mempengaruhi kenaikan air laut.

Presiden RI Akan Hadiri Tujuh Acara di Paris,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: