Hindari Minuman Ini Jika Tidak Ingin Kebelet Pipis

Mengonsumsi air putih memang sangat disarankan terutama supaya ginjal bisa memproduksi urin secara lebih baik. Namun ternyata, ada beberapa jenis minuman di mana jika dikonsumsi maka konsumen akan merasa sulit untuk menahan kencing, alias membuat seseorang sering kencing. Minuman apa sajakah ini?

Yang pertama adalah kopi. Dikutip dari Boldsky pada Selasa (1/12/2015), kopi mengandung kafein di mana zat ini bertanggungjawab dalam membuat organ kandung kemih manusia mengeluarkan urin dalam jumlah banyak. Kopi juga bisa mempengaruhi hormon yaitu hormon diuretik yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa ingin kencing.

Minuman yang bikin sulit tahan buang air kecil.

Kopi, salah satu minuman yang bikin sulit tahan buang air kecil.

Kedua, ada alkohol. Sama seperti kopi, alkohol juga bisa mempengaruhi kandung kemih untuk mengeluarkan urin sehingga orang yang mengonsumsi alkohol bisa bolak-balik ke toilet dalam satu hari. Minuman selanjutnya yang membuat orang sulit menahan kencing adalah jus buah. Kandungan sorbitol di dalamnya bisa mengakibatkan efek diuretik di ginjal.

Keempat adalah minuman soda. Soda ringan dengan pewarna ataupun tanpa pewarna akan sangat mungkin menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Hindari minum soda dalam jumlah yang terlalu banyak terutama apabila sedang dalam perjalanan jauh sehingga tidak akan kesulitan menahan kencing.

Selanjutnya ada cokelat. Minuman dengan bahan baku kakao atau cokelat memiliki kandungan sebuah senyawa di dalamnya yang mampu mempengaruhi proses penyerapan air dalam ginjal. Hal ini bisa membuat konsumen cokelat atau minuman cokelat akan sering ingin buang air kecil.

Baca juga: Empat Makanan Ini Bantu Turunkan Hipertensi.

Terakhir adalah jus tomat. Jus ini memiliki rasa yang sedikit asam sehingga mampu menyebabkan iritasi pada organ kandung kemih. Sebagai akibatnya, konsumsi jus tomat akan mengakibatkan rasa ingin kencing setiap saat.

Berbagai jenis minuman yang mampu mengakibatkan rasa ingin buang air kecil hingga berkali-kali ini sebaiknya tidak dikonsumsi jika tengah berada dalam acara tertentu di mana seseorang tidak diperbolehkan keluar menuju kamar kecil atau toilet terletak cukup jauh dari tempatnya berada. Konsumsi air putih, walaupun juga bisa menyebabkan rasa ingin kencing jika dikonsumsi terlalu banyak, bisa dijadikan alternatif.

Hindari Minuman Ini Jika Tidak Ingin Kebelet Pipis,

Rating : 4.23 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: