Ingin Sehat? Begini Cara Sajikan Sayuran Mentah

Indonesia dikenal memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Variasi bahan dan cara memasaknya pun sangat beraneka macam. Mulai dari makanan dengan bahan dasar sayur, buah, daging, hingga cara masak digoreng, dipanggang, dikukus atau bahkan dimakan mentah. Sayuran, merupakan salah satu makanan yang dalam cara penyajiannya seringkali masih mentah alias tanpa dimasak terlebih dahulu.

Menyajikan sayuran mentah ternyata ada triknya. Tidak asal langsung dimakan, namun sayuran harus terlebih dahulu dicuci bersih untuk menghilangkan bakteri serta debu yang mungkin menempel. Selain itu, masih ada trik lain supaya sayuran mentah bisa makin nikmat rasanya. Hal ini diungkapkan oleh Chef Darius Yahya. Chef yang bekerja di Hotel JW Marriott Jakarta itu membagi rahasia dalam menyantap sayuran mentah.

Tips Menyajikan Sayuran Mentah

Tips Menyajikan Sayuran Mentah. (google)

“Ada banyak resep makanan di Indonesia di mana sayurannya disajikan mentah, seperti kohu-kohu atau karedok. Kalau mau makan sayuran mentah, ada tipsnya. Bahan yang punya rasa dominan sebaiknya dipotong atau diiris secara tipis. Ini maksudnya supaya rasanya nggak terlalu dominan di masakannya nanti. Kalau diirisnya tebal nanti akan terasa banget mentahnya,” ucapnya seperti diwartakan Okezone, Selasa (1/12/2015).

Tidak hanya sayurannya, bumbu yang dipakai pun sebaiknya dicincang sampai benar-benar halus. “Yang biasanya dipakai untuk bumbu campuran kan kacang panjang, bawang bombai sama bawang merah. Biasanya sih kacang panjang, ya,” ungkapnya.

Namun, diungkapkan Chef Darius bahwa penggunaan bumbu pun masih akan menyebabkan sayuran terasa mentah. “Ada baiknya menggunakan bumbu dengan takaran yang disesuaikan dengan takaran sayurannya. Diusahakan jangan sampai takaran sayuran melebihi bumbu, nanti rasanya kebanting,” tegas Executive Sous Chef ini.

Beberapa jenis makanan di Indonesia memang menyajikan sayuran mentah. Selain karedok dan kohu-kohu, masih ada pecel dan gado-gado. Walau biasanya sayuran dalam makanan tersebut akan dikukus atau direbus sampai matang terlebih dahulu, namun ada beberapa orang yang memilih menggunakan sayuran mentah. Untuk itulah perlu diketahui trik dalam memasak serta menyajikan sayuran mentah agar makanan-makanan tersebut tetap terasa nikmat.

Ingin Sehat? Begini Cara Sajikan Sayuran Mentah,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: