Mulai 20 Desember Urus Pernikahan Tidak Boleh Melalui P3N Lagi

MUARA ENIM – Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menghapus masa tugas Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) pada 20 Desember 2015 nanti.

Hal ini berdasarkan PP No 19 Tahun 2015, Permenag No 24 tahun 2015, Instruksi Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam No:DJ II/1 Tahun 2015 tentang P3N.

Kepala Kantor Kemenag Muara Enim HM Arkan Nurwahiddin M.PdI mengatakan, setelah turunnya surat edaran dari Kemenag No:KW.06.02/1/KP.01.2/160/2015 tentang Pelaksanaan Instruksi Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, maka masa tugas P3N berakhir dan tidak dapat diperpanjang lagi.

Kecuali bagi P3N yang SK nya belum berakhir atau yang bertugas di wilayah terpencil/tipologi DI.

Kepala Kantor Kemenag Muara Enim HM Arkan Nurwahiddin M.PdI

Kepala Kantor Kemenag Muara Enim HM Arkan Nurwahiddin M.PdI.

“Untuk lokasi yang masuk kategori D1 atau tempat yang terisolir, dan kategori D2 yaitu daerah perbatasan, P3N tetap diberdayakan. Kalau di wilayah Muara Enim, ada di Kecamatan Muara Belida,” ujar Arkan, Jumat (4/12).

Arkan menambahkan, pada awalnya petugas P3N adalah petugas yang diangkat berdasarkan persetujuan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag setelah dianggap memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, seperti berusia antara 25-56 tahun, berdomisili di wilayah setempat serta syarat-syarat lainnya.

“Setelah Kemenag mengambil kebijakan melepas P3N dengan menurunkan surat edarannya, maka petugas P3N tidak lagi berwenang melayani masyarakat dalam urusan pernikahan, bagi pihak mempelai yang akan melangsungkan pernikahan dapat menghubungi KUA setempat,” ucapnya.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Setelah SK keluar, maka petugas P3N hanya menjalankan tugasnya sebagai tokoh agama di daerahnya masing masing. (amr)

Mulai 20 Desember Urus Pernikahan Tidak Boleh Melalui P3N Lagi,

Rating : 4.27 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: