Uniknya Pembuatan Kuliner Khas Bali

Berkunjung ke Bali, tentu tidak akan puas rasanya jika tidak mencoba menikmati sajian khas dari Bali sendiri. Tak hanya memiliki kekayaan panorama alamnya yang menakjubkan, Bali juga punya kuliner khas yang beragam yang bisa dicicipi oleh para pelancong. Makanan paling khas dari Bali adalah nasi campur. Berbeda dengan nasi campur di Jawa dimana pembeli bisa memilih apa saja lauk yang diinginkan, di Bali ini lauk yang disajikan diantaranya adalah sate lilit, orek tempe, sayur lawar, dan telur. Yang wajiib ada pada sajian nasi campur khas Bali adalah sayur lawar. Lalu, bagaimana cara membuat sayur lawar?

Meskipun masakan nasi campur khas Bali ini memang terbilang merupakan sajian yang sangat tradisional, namun jangan salah karena proses pembuatannya sayur lawarnya ternyata cukup sulit. Pertama, pilih nangka muda yang kemudian dicacah halus. Selanjutnya, cincang daging ayam yang sudah direbus terlebih dahulu, dan siapkan kacang panjang, potong kecil-kecil. Awalnya mungkin terdengar mudah, namun bagi anda yang belum familiar dengan alat dapur pastilah mengalami kesulitan.

Uniknya Pembuatan Nasi Campur, Kuliner Khas Bali (tripadvisor)

Uniknya Pembuatan Nasi Campur, Kuliner Khas Bali. (tripadvisor)

Setelah selesai dicincang, taruh bahan-bahan tersebut kedalam wadah, lalu siapkan racikan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lengkuas, jahe, dan serai. Campurkan bahan tersebut dan haluskan, kemudian tumis dan tambahkan sejumput garam, lada, dan gula. Setelah matang, tuangkan bumbu tersebut keatas wadah yang sudah terisi bahan utama, aduk merata dengan tambahan sedikit jeruk nipis dan terasi, dan sayur lawar pun sudah siap disajikan.

Di Ubud Bali, pengunjung tak hanya disuguhkan dengan sajian masakan khas Bali, namun bahkan bisa juga langsung mencoba memasak makanan khas Bali tersebut dengan mengikuti cooking class. Banyak hotel berbintang pun bahkan memiliki fasilitas cooking class untuk pengunjung yang menginap. Hal ini tentu menjadi pengalaman seru tersendiri karena tak hanya bisa menikmati kelezatan sajian khas Bali, namun pengunjung juga bisa terjun langsung mencoba sendiri membuat masakan khas tersebut. Anda pelancong di Bali? Silakan mencobanya.

Uniknya Pembuatan Kuliner Khas Bali,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: